Tugas Makalah Ilmu Pendidikan Pgmi
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar belakang masalah
Pendidikan ialah aset penting untuk masa yang akan hadir. melaluiataubersamaini adanya pengetahuan kita jadi serba tahu yang asalnya tidak tahu menjadi tahu. Sebagai calon pendidik kita harus biasa membimbing, mengarahkan anakdidiknya biar berakhlakul karimah yang berlandasan ilmu pengetahuan. Sehubung diadakannya observasi di sekolah-sekolah saya mereview di salah satu sekolah yang terletak di Padalarang yaitu “MI Al-Islamiyah”. Disana saya mengajukan beberapa pertanyaan untuk mengetahui kualitas dan kuantitas sekolah tersebut, dari mulai masukana dan pramasukana, tenaga pengajar dan masih banyak lagi.
melaluiataubersamaini diadakannya penelitian ini saya sangat bersyukur biasa terjun secara pribadi dengan sekolah tersebut. Dan tiruana wawancara tersebut saya tuangkan dalam makalah ini.
B. Rumusan masalah
1. Apakah MI Al-Islamiyah mempunyai asas visi misi?
2. Bagaimana cara rekrutmen guru diMI Al-Islamiyah?
3. Profil seorang pendidik di MI Al-Islamiyah?
4. Berapa jumlah pesrta didik di MI Al-Islamiyah?
5. Kurikulum apa yang digunakan di MI Al-Islamiyah?
6. Bagaimana masukana dan pramasukana di MI Al-Islamiyah?
7. Seperti apakah system evaluasinya di MI Al-Islamiyah?
Baca Juga
C. Tujuan
1. Mengetahui asas visi misi di MI Al-Islamiyah.
2. Mengetahui cara merekrut guru di MI Al-Islamiyah.
3. Mengetahui profil guru yang ada di MI Al-Islamiyah.
4. Mengetahui jumlah akseptor didik yang ada di MI Al-Islamiyah.
5. Mengetahui kurikulum yang di pakai di MI Al-Islamiyah.
6. Mengetahui masukana dan pramasukana di MI Al-Islamiyah.
7. Mengetahui system penilaian di MI Al-Islamiyah.
BAB II
PEMBAHASAN
1. Asas
Visi dan misi yang ada di MI Al-Islamiyah
Visi
Unggul dalam mutu setiap lulusan mempunyai kompetensi dan siap berkompetensi secara sehat .
Misi
Untuk mencapai visi madrasah tersebut, misi dari penyelenggaraan pendidik di MI Al-Islamiyah ialah sebagai diberikut.
1. Menciptakan sikap anakdidik yang islami,
2. Selalu meningkatkan acara KBM di madrasah, dan
3. Menumbuh kembangkan partisipasi masyarakat terhadap keberadaan madrasah.
2. Teknik merekrut guru di MI Al-Islamiyah
MI Al-Islamiyah ialah forum islam dibawah yayasan Al-Musyi sehingga guru yang akan mendaftar harus ada janji dari ketua yayasan dan staffnya. Guru yang mendaftar kesekolah itu diharuskan berdedikasi tinggi, loyalitas terhadap forum dan pekerjaannya serta beragama islam.
3. Profil seorang guru atau calon pendidik di MI Al-Islamiyah
Guru-guru yang mengajar di MI Al-Islamiyah kini diharuskan mempunyai ijazah sertifikat 4 atau S1.
Biodata pengajar / guru staff | |||
No | Status | Jumlah | Keterangan |
1 | Guru tetap/PNS | 4 | 1 orang yang tersertifikasi |
2 | Guru Tetap Yayasan (GTY) | 18 | 1 orang yang tersertifikasi |
3 | Tata Usaha (TU) | 1 | |
4 | Pramuka | 1 | |
Tenaga pendidik | |||
No | PNS | Non PNS | Jumlah |
1 | 5 | 19 | 24 |
Pendidikan Guru | ||||||||
No | SMA | D1 | D2 | D3 | S1 | S2 | S3 | Jumlah |
1 | 5 | - | 9 | - | 10 | - | - | 25 |
4. Jumlah akseptor didik yang ada di MI Al-Islamiyah
Siswa berdasarkan tingkat dan jenis kelabuin pada tahun 2010/2011 ini ialah :
No | Kelas 1 | Kelas 2 | Kelas 3 | Kelas 4 | Kelas 5 | Kelas 6 | ||||||
L | P | L | P | L | P | L | P | L | P | L | P | |
1 | 51 | 40 | 50 | 42 | 43 | 43 | 29 | 29 | 32 | 29 | 47 | 46 |
2 | Jumlah | Jumlah | Jumlah | Jumlah | Jumlah | Jumlah | ||||||
3 | 91 | 92 | 88 | 58 | 64 | 93 |
Jumlah kelas 1 hingga kelas 6 | JUMLAH Laki-laki dan Perempuan | |
Laki-laki | Perempuan | |
255 | 231 | 486 |
5. Kurikulum yang digunakan di MI Al-Islamiyah
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2006.
6. Sarana Pramasukana di MI Al-Islamiyah
Sarana dan pramasukana di MI Al-Islamiyah ini mempunyai 6 ruangan untuk berguru mengajar, yaitu:
a. Memiliki 1 ruangan kepala sekolah,
b. Memiliki 1 ruangan guru,
c. Memiliki 2 ruangan toilet untuk siswa,
d. Memiliki 1 ruangan toilet untuk guru,
e. Memiliki 1 perpustakaan,
f. Memiliki 1 ruangan kepala sekolah,
g. Memiliki 1 kantin, dan
h. Memiliki lapangan upacara.
7. Sistem Evaluasi di MI AL-Islamiyah
a. Postest (Ulangan Harian),
b. Mid Test ( Ujian Tengah Semester),
c. UAS (Ujian Tengah Semester),
d. UKK (Ujian Kenaikan Kelas),
e. TO (Try Out),
f. UM (Ujian Madrasah),
g. UAMBN (Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional), dan
h. UN (Ujian Nasional).
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Pendidikan ialah banyak sekali perjuangan yang dilakukan oleh seorang pendidik terhadap anak didiknya biar tercapai perkembangan terbaik yang positif. Anak usia 7-12 tahun ialah masa usia anak untuk diarahkan, dibimbing, dibina oleh guru biar budi pekertinya baik. melaluiataubersamaini diadakannya observasi ini saya menjadi tahu bagaimana masukana pramasukana di MI Al-Islamiyah. Dilihat secara visi misi bisa bersaing dengan sekolah lain untuk menajdi yang terdepan dan maju diera globalisasi ini.
Sekolah di MI Al-Islamiyah ini dalam perspektif islam bias membawa kearah yang lebih baik, tidak spesialuntuk ilmu dunianya saja yang diterima melainkan ilmu darul abadi pun didapatkan semenjak dini guna membentengi diri untuk masa yang akan hadir serta untuk bekal kelak jika setelah sampaumur bias membentengi dirinya dengan adanya kondusif dan islam yang ia pupuk semenjak dini.
0 Response to "Tugas Makalah Ilmu Pendidikan Pgmi"
Posting Komentar