Contoh Rpp Kurtilas Kurikulum 2013 Kelas 1 Semester 1 Sd/Mi
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SatuanPendidikan : MI/SD NEGERI
Kelas / Semester : I / I
Tema : Kegemaranku
Sub Tema : 1 ( Gemar Berolahraga )
PertemuanKe- : 1
AlokasiWaktu : 6 x 35 menit( 1 hari)
Hari / Tanggal :
A. Kompetensi Inti
1. Menerima dan menjalankan anutan agama yang dianutnya
2. Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawaban, santun, peduli, dan percaya diri dalam diberinteraksi dengan keluarga, kawan, dan guru.
3. Memahami pengetahuan factual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya menurut rasa ingin tahu ihwal dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang terperinci dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak diberiman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.2. Mengenal teks petunjuk / kode ihwal perawatan badan serta pemeliharaan kesehatan dan kebugaran badan dengan menolongan badan atau mitra dalam bahasa indonesia ekspresi dan tuilisan yang sanggup diisi dengan kosakata bahasa kawasan untuk memmenolong pemahaman
4.2. Mempraktekan teks kode / petunjuk ihwal merawat badan serta kesehatan dan kebugaran badan secara berdikari dalam bahasa indonesia ekspresi dan goresan pena yang sanggup di isi dengan kosakata bahsa kawasan untuk memmenolong penyajian
SBDP
4.1. Menggambar ekspresi dengan mengolah garis warna dan bentuk menurut hasil pengamatan dilingkungan sekitar
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
Bahasa Indonesia
Ø Menjelaskan bermacam macam acara olahraga dengan menolongan gambar
Ø Membaca teks deskriptif ihwal acara olahraga
Ø Menyusun abjad menjadi nama-nama acara olahraga
Ø Menulis nama-nama acara olahraga
SBDP
Ø Menggambar ekspresi menurut hasil pengamatan lembar kerja di dalam buku siswa
D. Tujuan Pembelajaran
1. melaluiataubersamaini mengamati gambar, siswa bisa pertanda macam macam olahraga dengan benar
2. Siswa bisa membaca nyaring nama-nama olahraga dengan benar
3. Siswa bisa menyusun abjad menjadi nama-nama olahraga dengan benar
4. Sesudah menyusun abjad siswa bisa menulis nama-nama olahraga dengan benar
5. melaluiataubersamaini memasangkan gambar siswa mamp[u mengidentifikasi alat alat olahraga dengan benar
6. Sesudah bisa mengidentifikasai alat-alat olahraga siswa bisa menggambar salah satu alat olahraga yang disukainya dengan rapi
7. melaluiataubersamaini memakai gambar siswa bisa memilih contoh gambar tertentu dengan sempurna
8. Siswa bisa melengkapi contoh gambar dengan tepat
E. Materi Ajar
1. Gambar –gambar acara olahraga
2. Membaca nyaring ihwal nama-nama acara olahraga
3. Menyusun kartu abjad menjadi nama-nama cabang olahraga
4. Menebalkan Huruf yang berkaitan dengan cabang olahraga
5. Memasangkan alat – alat olahraga
6. Menggambar alat olahraga yang disukai
F. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Secientific
2. Strategi : Cooperative Learning
3. Teknik : Picture and Pictire
4. Metode : Pengamatan ,Tanyajawaban, Ceramah
G. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan | Deskripsi Kegiatan | Alokasi Waktu |
Penlampauan | 1. Mengajak tiruana siswa berdoa sebelum pembelajaran di mulai 2. Melakukan komunikasi ihwal kehadiran siaswa 3. Mengecek kesiapan siswa dari mulai alt tulis temapt duduk dan posisi duduk yang benar 4. Menginformasikan subtema yang akan di pelajari | 10 menit |
Inti | 1. Siswa diminta untuk mengamati gambar yang ada di buku siswa 2. Siswa menjawaban pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan isi gambar 3. misal pertanyaan yang sanggup diajukan : · Olahraga apa yang engkau lihat pada gambar ? · Apa yang engkau ketahui ihwal olahraga tersebut ? · Berapa banyak anak yang bermai bulutangkis pada gambar ? · Berapa jumlah anak seluruhnya yang ada pada gambar ? · Olahraga mana yang yakni olahraga tim? · Sikap apakah yang penting ditunjukan dalam olahraga tim ? · Olahraga apa yang paling engkau sukai ? · Olahraga apa yang gres engkau ketahui ? 4. Membaca nyaring nama-nama cabang olahraga dengan bimbingan guru 5. Siswa menyusun abjad menjadi nama-nama cabang olahraga yang dipelajari 6. Siswa menulis nama-nama cabang olahraga yang dipelajari 7. Untuk menginformasikan pengetahuan siswa ,guru meminta siswa untuk menuliskan olahraga yang sudah diketahui dan gres di kenal 8 Siswa berdiskusi ihwal cabang cabang olahraga yang mereka ketahui dengan kode guru 9. Siswa mendengarkan pertanyaan –pertanyaan guru sebagai diberikut: · Jika engkau bermai sepak bola, alat apa yang engkau butuhkan ? · Jika engkau ingin bermain bulutangkis , apa yang engkau butuhkan ? · Jika engkau ingin bermain kasti , alat apa yang engkau butuhkan ? 10. Siswa diminta untuk sebut alat –alat yang di pergunakan dalam olahraga 11. Siswa diminta untuk menujukan pasangan gambar yang saling berafiliasi di buku siswa dengan menarikdanunik garis contohnya : gambar bola dengan gambar lapangan bola. Gambar pelampung dengan bak renang 12. Kemudian siswa diminta untuk memasangkan gambar yang disukai untuk dijadikan tema dalam menggambar 13. Siswa menggambar dan mewarnai sesuai tema | |
Penutup | 1. Bersama-sama siswa membuat kesimpulan hasil mencar ilmu selama satu hari 2. Bertanya tanggapan ihwal bahan yang sudah di pelajari untuk mengetahui ketercapaian materi 3. Melakukan hasil penilain hasil belajar 4. Sebelum menutup acara guru menegaskan untuk rajin rajin mencar ilmu di rumah serta mencar ilmu membaca dan menulis 5. Mengajak siswa untuk berdoa , sesudahnya melaksanakan acara pembelajaran |
H. Sumber belajar dan Media
· Buku siswa kurikulum 2013
· Pensil warna / kerayon /sepidol
· Gambar gambar kegiatan-kegiatan olahraga
I. Penilaian
1. Prosedur Penilaian
· Penialian Proses
Dilakukan dalam acara pembelajaran dari mulai pembelajaran hingga selesai kegiatan
· Penilain hasil belajar
Menggunakan instrumen hasil belajr dengan tes dan lisan
2. Instrumen penilaian
· Instrumen unjuk kerja dalam bentuk rublik evaluasi (terlampir)
· Penilian teks tertulis dalam bentuk soal (terlampir)
Maparah, 2013
Kepala Madrasah Guru Kelas I
................................... ....................................
NIP. ...................................
LAMPIRAN
Penilain unjuk kerja
1. Rublik Kegiatan Menggambar dan Mewarnai
No. | Kriteria | Baik Sekali 4 | Baik 3 | Cukup 2 | Perlu Bimbingan 1 |
1. | Kesesuaian gambar dengan tema | Gambar sesuai tema dan kongkrit | Gambar sesuai tema walaupun belum kongkrit | Gambar belum sesuai dengan tema | Belum bisa menggambar |
2. | Jumlah warna yang digunakan | Menggunakan 4 warna atau lebih | Menggunakan 3 warna atau lebih | Menggunakan 2 warna | Menggunakan 1 warna |
1. Lembar evaluasi Kegiatan gambar dan mewarnai
No | Nama Siswa | Perolehan Skor | Skor akhir | |
Kriteria 1 | Kriteria 2 | |||
1 | ||||
2 | ||||
3 | ||||
4 | ||||
5 | ||||
6 | ||||
7 | ||||
8 | ||||
9 | ||||
10 |
Keterangan:
Rumus : Jumlah skor yang di peroleh x 100
Skor ideal
Skor ideal : Jumlah Kriteria x nilai terbaik
misal skor ideal : 2 x 4 = 8 (skor ideal )
0 Response to "Contoh Rpp Kurtilas Kurikulum 2013 Kelas 1 Semester 1 Sd/Mi"
Posting Komentar