Format Rpp Sesuai Permendikbud 103 Tahun 2014
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan ….. ....................
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/ Semester :
Alokasi Waktu :
A. Kompetensi Inti:
KI 1 | : | |
KI 2 | : | |
KI 3 | : | |
KI 4 | : | |
B. Kompetensi Dasar
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………
D. Materi Pembelajaran
1. Pertemuan 1
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
2. Pertemuan 2
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
3. Pertemuan 3
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
E. Langkah-LangkahKegiatanPembelajaran
Pertemuanpertama
1. Penlampauan (12 menit)
a. Membuka pelajaran dengan salam
b. Membaca al Qur’an surah pilihan secara bersama-sama.
c. Guru menyidik kesiapan penerima didik dengan menyidik kehadiran, kerapihan pakaian, kawasan duduk dan melaksanakan game kecil atau mengajak bernyanyi.
d. Memdiberikan motivasi pentingnya percay akepada Allah SWT.
e. Memdiberikan appersepsi pembelajaran
f. Mengondisikan suasana berguru yang sangat bahagia
g. Guru dan siswa mendiskusikan kompetensi yang sudah dipelajari dan kaitannya dengan yang akan dipelajari dan dikembangkan.
h. Guru memberikan kompetensi yang akan dicapai
i. Menyampaikan garis besar cakupan materi
j. Guru mengkondisikan penerima didik untuk duduk secara berkelompok beranggotakan 4 anak.
k. Guru memberikan tahapan acara yang akan dilaksanakan dalam pembelajaran.
l. Guru memberikan lingkup dan metode penilaian
2. Kegiatan Inti (90 menit)
a. Mengamati (observing)
1) ………………………………………………………………………………..
2) ………………………………………………………………………………..
3) ………………………………………………………………………………..
4) ………………………………………………………………………………..
5) ………………………………………………………………………………..
b. Menanya (questioning)
1) ………………………………………………………………………………
2) ………………………………………………………………………………
c. Mengumpulkaninformasi/mencoba (experimenting)
1) ………………………………………………………………………………..
2) ………………………………………………………………………………..
3) ………………………………………………………………………………..
4) ………………………………………………………………………………..
5) ………………………………………………………………………………..
d. Mengasosiasi/Menalar (associating)
1) ………………………………………………………………………………..
2) ………………………………………………………………………………..
3) ………………………………………………………………………………..
4) ………………………………………………………………………………..
5) ………………………………………………………………………………..
e. Mengomunikasikan (communicating)
1) ………………………………………………………………………………..
2) ………………………………………………………………………………..
3) ………………………………………………………………………………..
4) ………………………………………………………………………………..
5) ………………………………………………………………………………..
3. Penutup (18 menit)
a. Guru dan penerima didik melaksanakan refleksi pembelajaran yang sudah dilaksanakan.
b. Melakukan penguatan bahan pelajaran hari ini.
c. Guru melaksanakan penilaian
d. Merencanakan acara tindaklanjut.
e. Menyampaikan inti kegiata nuntuk pembelajaran diberikutnya yaitu mengulas rujukan sikap yang mencerminkan orang yang meneladani al-AsmaulHusna.
f. Guru bahu-membahu penerima didik menutup pelajaran dengan berdoa.
PertemuanKedua (dst)
PertemuanKetiga (dst)
F. Penilaian
1. TeknikPenilaian :
a. Sikap Spiritual : Observasi/ Penilaian Diri/ Penilaian Teman Sebaya/ Penilaian Jurnal
TeknikPenilaian | Instrumen |
Observasi | Lembar Observasi |
Penilaian Diri | Lembar Penilaian Diri |
Penilaian Teman Sebaya | Lembar Penilaian Teman Sebaya |
PenilaianJurnal | Format Jurnal |
b. SikapSosial : Observasi/ PenilaianDiri/ PenilaianTemanSebaya/ PenilaianJurnal
TeknikPenilaian | Instrumen |
Observasi | Lembar Observasi |
Penilaian Diri | Lembar Penilaian Diri |
Penilaian Teman Sebaya | Lembar Penilaian Teman Sebaya |
PenilaianJurnal | Format Jurnal |
c. Pengetahuan :TesTertulis/ Observasi/Penugasan
TeknikPenilaian | Instrumen |
Tes Tertulis | PG/ BS/ ya tidak/ Menjodohkan/ alasannya ialah akhir / isian / jawabanan singkat / uraian |
Observasi | Lembar observasi |
Penugasan | Lembar evaluasi PR/ Lembar evaluasi proyek |
d. Keterampilan: Tes Praktik (Unjukkerja/kinerja)/ Projek/ Produk/ Portofolio/ Tertulis
TeknikPenilaian | Instrumen |
Tes Praktik (Unjuk kerja/kinerja | Daftar Cek / SkalaPenilaian |
Projek | Lembar Penilaian Projek |
Produk | Lembar Penilaian Produk |
Portofolio | Lembar Penilaian Portofolio |
Tertulis | Lembar Penilaian Tertulis |
2. InstrumenPenilaian
a. PertemuanPertama (Format terlampir)
1) Sikap spiritual : Lembar Observasi/ Lembar Penilaian Diri/ Lembar Penilaian Teman Sebaya/Format Jurnal
2) Sikap social : Lembar Observasi/ Lembar Penilaian Diri/ Lembar Penilaian Teman Sebaya/Format Jurnal
3) Pengetahuan : PG/BS/ya tidak/Menjodohkan/sebab akhir /isian /jawabanan singkat /uraian/ lembarobservasi/ Lembar penilaian PR/ Lembar penilaian proyek
4) Keterampilan : Daftar Cek/ SkalaPenilaian/ Lembar Penilaian Projek/ Lembar Penilaian Produk/ Lembar Penilaian Portofolio/ Lembar Penilaian Tertulis
b. PertemuanKedua
c. PertemuanKetiga
3. Remedial danPengayaan
a. Remedial (Format terlampir)
b. Pengayaan (Format terlampir)
G. Media/Alat, Bahan Dan Sumber Belajar
1. Media/Alat
a. Media : VCD Pembelajaran, Presentasi dengan aplikasi Power Point, Program Macro media Flash, dll
b. Alat : Laptop, LCD Projector, AlatPeraga, Gambardll
2. Bahan
(Bahan bias meliputi alat-laat untuk menunjang acara pembelajaran yang dipakai guru atau siswa yang habis pakai)
3. SumberBelajar
a. Departemen Agama RI. 2005. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Jakarta: Departemen Agama RI.
b. Moch. Ahsandan Sumiyati. 2014. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
c. ….
……….., ........................
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah, PAI dan Budi Pekerti
______________ ________________
NIP. NIP.
0 Response to "Format Rpp Sesuai Permendikbud 103 Tahun 2014"
Posting Komentar