Download Teladan 100 Soal Dan Kunci Balasan Ukg Guru Paud/Tk/Ra.Doc
misal 100 Soal dan Kunci Jawaban UKG Guru PAUD/TK/RA.doc - Untuk memperlancar dalam pelaksanaan Uji Kompetensi Guru khusus Taman Kanak-Kanak / Raudathul Anfhal, kami bagikan soal tes yang sudah lengkap dengan jawabanannya.
Mari simak di bawah ini.
Download misal 100 Soal dan Kunci Jawaban UKG Guru PAUD/TK/RA.doc |
misal Soal dan Jawaban Pretest UKG Guru PAUD/TK/RA.doc
1. Perkembangan sosial adalah
A. Penerimaan sosial yang sesuai dengan tuntutan kelompok
B. Perolehan kemajuan berperilaku yang sesuai dengan tuntutan sosial (√)
C. Belajar bergaul dengan orang lain atau anak
D. Penyesuaian sosial sebagai anggota kelompok sosial
2. Substansi suatu karya tulis ilmiah sanggup mencakup beberapa aspek banyak sekali hal, dari yang paling sederhana hingga dengan yang paling kompleks. Berikut ini ialah contoh-contoh substansi karya tulis ilmiah, kecuali
A. pendidikan
B. kebudayaan
C. pemulung (√)
D. informatika
3. Menurut Djojonegoro, Profesionalisme dalam suatu pekerjaan atau jabatan ditentukan oleh tiga faktor penting di bawah ini, kecuali :
A. Memiliki keahlian khusus yang dipersiapkan oleh jadwal pendidikan keahlian atau spesilaisasi
B. Memiliki tujuan yang terang dalam berkarir yang tercermin dalam perencanaan yang dibentuk untuk masa depannya. (√)
C. Kemampuan untuk memperbaiki kemampuan (keterampilan dan keahlian khusus) yang dimiliki,
D. Penghasilan yang memadai sebagai imbalan terhadap keahlian yang dimiliki itu.
4. Mengapa keluarga mempunyai kiprah penting dalam proses sosialisasi anak?
A. Keluarga sebagai lingkungan sosial pertama kali dan anak mendapatkan pendidikan pertama dan utama (√)
B. Keluarga mempunyai kewajiban mendidik anak-anaknya
C. Keluarga mempunyai kewajiban mempersembahkan kasih akung kepada anak-anaknya
D. Keluarga ialah kelompok kecil yang anggota-anggotanya diberinteraksi secara tatap muka dan relatif tetap
5. Perkembangan motorik adalah....................
A. Gerakan yang dilakukan oleh seluruh tubuh
B. Perkembangan dari unsur kematangan dan pengendalian gerakan badan (√)
C. Berkembang sejalan dengan kematangan saraf dan otot
D. Hasil pola interaksi yang kompleks dari banyak sekali pecahan dan sistem di dalam badan yang dikontrol otak
6. Guru haruslah mempunyai jati diri sebagai pribadi yang baik, tanggung jawaban, terbuka, dan terus mau berguru untuk maju. Hal ini termasuk jenis kompetensi : A. Kompetensi Paedagogik
B. Kompetensi Profesional
C. Komppetensi Kepribadian (√)
D. Kompetensi Sosial
7. Berikut ini ialah contoh implementasi dari kiprah perkembangan KECUALI
A. anak mencapai berat badan ideal (√)
B. mengucap salam dengan baik
C. anak berguru mengunyah makanan
D. anak memegang pensil dengan baik
8. Anak yang sudah mulai sanggup membedakan antara fantasi dan kenyataan yang sebenarnya, berada dalam rentang usia
A. 4-5 tahun
1. Perkembangan sosial adalah
Baca Juga
B. Perolehan kemajuan berperilaku yang sesuai dengan tuntutan sosial (√)
C. Belajar bergaul dengan orang lain atau anak
D. Penyesuaian sosial sebagai anggota kelompok sosial
2. Substansi suatu karya tulis ilmiah sanggup mencakup beberapa aspek banyak sekali hal, dari yang paling sederhana hingga dengan yang paling kompleks. Berikut ini ialah contoh-contoh substansi karya tulis ilmiah, kecuali
B. kebudayaan
C. pemulung (√)
D. informatika
3. Menurut Djojonegoro, Profesionalisme dalam suatu pekerjaan atau jabatan ditentukan oleh tiga faktor penting di bawah ini, kecuali :
A. Memiliki keahlian khusus yang dipersiapkan oleh jadwal pendidikan keahlian atau spesilaisasi
B. Memiliki tujuan yang terang dalam berkarir yang tercermin dalam perencanaan yang dibentuk untuk masa depannya. (√)
C. Kemampuan untuk memperbaiki kemampuan (keterampilan dan keahlian khusus) yang dimiliki,
D. Penghasilan yang memadai sebagai imbalan terhadap keahlian yang dimiliki itu.
4. Mengapa keluarga mempunyai kiprah penting dalam proses sosialisasi anak?
A. Keluarga sebagai lingkungan sosial pertama kali dan anak mendapatkan pendidikan pertama dan utama (√)
B. Keluarga mempunyai kewajiban mendidik anak-anaknya
C. Keluarga mempunyai kewajiban mempersembahkan kasih akung kepada anak-anaknya
D. Keluarga ialah kelompok kecil yang anggota-anggotanya diberinteraksi secara tatap muka dan relatif tetap
5. Perkembangan motorik adalah....................
A. Gerakan yang dilakukan oleh seluruh tubuh
B. Perkembangan dari unsur kematangan dan pengendalian gerakan badan (√)
C. Berkembang sejalan dengan kematangan saraf dan otot
D. Hasil pola interaksi yang kompleks dari banyak sekali pecahan dan sistem di dalam badan yang dikontrol otak
6. Guru haruslah mempunyai jati diri sebagai pribadi yang baik, tanggung jawaban, terbuka, dan terus mau berguru untuk maju. Hal ini termasuk jenis kompetensi : A. Kompetensi Paedagogik
B. Kompetensi Profesional
C. Komppetensi Kepribadian (√)
D. Kompetensi Sosial
7. Berikut ini ialah contoh implementasi dari kiprah perkembangan KECUALI
A. anak mencapai berat badan ideal (√)
B. mengucap salam dengan baik
C. anak berguru mengunyah makanan
D. anak memegang pensil dengan baik
8. Anak yang sudah mulai sanggup membedakan antara fantasi dan kenyataan yang sebenarnya, berada dalam rentang usia
A. 4-5 tahun
B. 2-3 tahun C. 3-4 tahun
D. 5-6 tahun (√)
9. Guru wajib mempunyai sifat tenggang rasa pada orang lain, toleransi pada orang lain, mempunyai sikap dan kepribadian yang positif serta menempel pada setiap kopetensi yang lain, dan bisa bekerja sama dengan orang lain. Hal tersebut termasuk jenis kompetensi :
A. Kompetensi Paedagogik
D. 5-6 tahun (√)
9. Guru wajib mempunyai sifat tenggang rasa pada orang lain, toleransi pada orang lain, mempunyai sikap dan kepribadian yang positif serta menempel pada setiap kopetensi yang lain, dan bisa bekerja sama dengan orang lain. Hal tersebut termasuk jenis kompetensi :
A. Kompetensi Paedagogik
B. Kompetensi Profesional
C. Kompetensi Profesional
D. Kompetensi Sosial (√)
10. Anak mempunyai impian dan semangat berguru yang tinggi, berangasan dengan memanfaatkan banyak sekali sumber belajar. Hal tersebut mengambarkan bahwa sumber berguru bermanfaa untuk
A. Memdiberikan informasi yang akurat dan terbaru
B. Memperluas wawasan guru
C. Memperluas wawasan anak (√)
D. Mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan daya indra
10. Anak mempunyai impian dan semangat berguru yang tinggi, berangasan dengan memanfaatkan banyak sekali sumber belajar. Hal tersebut mengambarkan bahwa sumber berguru bermanfaa untuk
A. Memdiberikan informasi yang akurat dan terbaru
B. Memperluas wawasan guru
C. Memperluas wawasan anak (√)
D. Mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan daya indra
Lihat :
11. Diantara bentuk soal diberikut, mana yang paling menguntungkan untuk mengukur samasukan yang meminta siswa mengingat informasi, tidak spesialuntuk mengenalinya :
A. jawabanan pendek
B. menjodohkan
A. jawabanan pendek
B. menjodohkan
C. benar salah (√)
D. pilihan ganda
12. Pembelajaran yang paling tepat untuk mengembangkan kognitif anak usia 5-6 tahun adalah
A. Mengajar membaca, menulis dan berhitung
B. Memdiberi peluang pada anak untuk memperoleh pengalaman eksklusif dalam banyak sekali kegiatan pembelajaran (√)
C. Memdiberikan pekerjaan rumah semoga anak sanggup berguru di rumah
D. Memdiberi pelajaran sebagai persiapan masuk sekolah dasar
13. Dalam karya tulis ilmiah, penulis bersikap netral, obyektif, dan tidak memihak.
Sikap ini sesuai dengan hakikat karya tulis ilmiah yang ialah kajian berdasarkan pada, kecuali
A. fakta atau kenyataan
B. argumentasi (√)
C. teori yang diakui kebenarannya
D. data empirik/hasil penelitian
14. Pentingnya media pemberlajaran di Taman Kanak-kanak terutama dilandasi oleh ....
A. Kecenderunagan anak menyukai sesuatu yang sanggup dilihat
B. Lebih gampangnya guru Taman Kanak-kanak dalam melaksanakan proses pembelajaran
C. Kebutuhan anak Taman Kanak-kanak akan pendidikan yang berkarakter dan sangat bahagia
D. Perkembangan anak yang berada pada masa konkret (√)
15. Ada lima sentra kontrol yang mengatur setiap gerak anak. Salah satunya yaitu pecahan yang mengatur pergerakkan seluruh badan dan koordinasi gerakan tubuh, adalah
A. Cerebral cortex
B. Batang otak
C. Cerebellum (√)
D. Basal ganglia
16. Media pembelajaran sanggup memmenolong terjadinya ekspansi area of experience guru dan anak, maksudnya ialah
A. Guru mempunyai kawasan pengalaman yang lebih luas dari pada anak
B. Daerah pengalaman guru dan anak mendekati kesamaan’
C. Pengalaman anak menjadi lebih baik disbanding gurunya
D. Anak menjadi lebih banyak memperoleh pengalaman berguru (√)
17. Mengapa keluarga mempunyai kiprah penting dalam proses sosialisasi anak?
A. Keluarga sebagai lingkungan sosial pertama kali dan anak mendapatkan pendidikan pertama dan utama (√)
B. Keluarga mempunyai kewajiban mendidik anak-anaknya
C. Keluarga mempunyai kewajiban mempersembahkan kasih akung kepada anak-anaknya
D. Keluarga ialah kelompok kecil yang anggota-anggotanya diberinteraksi secara tatap muka dan relatif tetap
12. Pembelajaran yang paling tepat untuk mengembangkan kognitif anak usia 5-6 tahun adalah
A. Mengajar membaca, menulis dan berhitung
B. Memdiberi peluang pada anak untuk memperoleh pengalaman eksklusif dalam banyak sekali kegiatan pembelajaran (√)
C. Memdiberikan pekerjaan rumah semoga anak sanggup berguru di rumah
D. Memdiberi pelajaran sebagai persiapan masuk sekolah dasar
13. Dalam karya tulis ilmiah, penulis bersikap netral, obyektif, dan tidak memihak.
Sikap ini sesuai dengan hakikat karya tulis ilmiah yang ialah kajian berdasarkan pada, kecuali
A. fakta atau kenyataan
B. argumentasi (√)
C. teori yang diakui kebenarannya
D. data empirik/hasil penelitian
14. Pentingnya media pemberlajaran di Taman Kanak-kanak terutama dilandasi oleh ....
A. Kecenderunagan anak menyukai sesuatu yang sanggup dilihat
B. Lebih gampangnya guru Taman Kanak-kanak dalam melaksanakan proses pembelajaran
C. Kebutuhan anak Taman Kanak-kanak akan pendidikan yang berkarakter dan sangat bahagia
D. Perkembangan anak yang berada pada masa konkret (√)
15. Ada lima sentra kontrol yang mengatur setiap gerak anak. Salah satunya yaitu pecahan yang mengatur pergerakkan seluruh badan dan koordinasi gerakan tubuh, adalah
A. Cerebral cortex
B. Batang otak
C. Cerebellum (√)
D. Basal ganglia
16. Media pembelajaran sanggup memmenolong terjadinya ekspansi area of experience guru dan anak, maksudnya ialah
A. Guru mempunyai kawasan pengalaman yang lebih luas dari pada anak
B. Daerah pengalaman guru dan anak mendekati kesamaan’
C. Pengalaman anak menjadi lebih baik disbanding gurunya
D. Anak menjadi lebih banyak memperoleh pengalaman berguru (√)
17. Mengapa keluarga mempunyai kiprah penting dalam proses sosialisasi anak?
A. Keluarga sebagai lingkungan sosial pertama kali dan anak mendapatkan pendidikan pertama dan utama (√)
B. Keluarga mempunyai kewajiban mendidik anak-anaknya
C. Keluarga mempunyai kewajiban mempersembahkan kasih akung kepada anak-anaknya
D. Keluarga ialah kelompok kecil yang anggota-anggotanya diberinteraksi secara tatap muka dan relatif tetap
18. Proses perembesan informasi gres ke dalam informasi yang sudah ada di dalam skemata (struktur kognitif) anak adalah
A. Ekuilibrium
B. Akomodasi
C. Adaptasi
D. Asimilasi (√)
19. Berikut ini pernyataan mana yang paling benar ialah ....
A. Peran media dalam proses pembelajaran di TK, ialah sebagai alat menolong guru mengajar
B. Tujuan utama penerapan media pembelajaran di TK, ialah terjadinya proses berguru pada diri anak (√)
C. Media pembelajaran di Taman Kanak-kanak identik dengan segala peralatan yang dugunakan dalam proses pembelajaran
D. Guru ialah pihak yang paling berkepentingan dalam memanfaatkan media pembelajaran di TK
20. Salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan fisik-motorik
A. Kematangan dan pengendalian gerakan tubuh
B. Melibatkan fungsi-fungsi atau modalitas otak lainnya
C. Keterampilan dan kemampuan mengingat gerak yang sesuai dengan urut-urutan tumbuh kembang otak
D. Sifat dasar genetik termasuk bentuk badan dan kecerdasan (√)
D. Asimilasi (√)
19. Berikut ini pernyataan mana yang paling benar ialah ....
A. Peran media dalam proses pembelajaran di TK, ialah sebagai alat menolong guru mengajar
B. Tujuan utama penerapan media pembelajaran di TK, ialah terjadinya proses berguru pada diri anak (√)
C. Media pembelajaran di Taman Kanak-kanak identik dengan segala peralatan yang dugunakan dalam proses pembelajaran
D. Guru ialah pihak yang paling berkepentingan dalam memanfaatkan media pembelajaran di TK
20. Salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan fisik-motorik
A. Kematangan dan pengendalian gerakan tubuh
B. Melibatkan fungsi-fungsi atau modalitas otak lainnya
C. Keterampilan dan kemampuan mengingat gerak yang sesuai dengan urut-urutan tumbuh kembang otak
D. Sifat dasar genetik termasuk bentuk badan dan kecerdasan (√)
Silahkan baca :
INI Pengertian, Fungsi, tujuan dan Capaian Nilai UKG (Uji Kompetensi Guru) Tahun 2015, 2017 dan 2019
21. Profesi ialah suatu jabatan atau pekerjaan yang menuntut keahlian (expertise) para anggotanya. Artinya pekerjaan itu tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang yang tidak terlatih dan tidak disiapkan secara khusus untuk melaksanakan pekerjaan itu. Hal ini termasuk dalam jenis :
A. Kompetensi Paedagogik
B. Kompetensi Profesional (√) C. Komppetensi Kepribadian D. Kompetensi Sosial
22. Ciri-ciri penilaian yang baik ialah : A. keefektifan dan efisiensi
B. adilitas dan integritas
C. keshahihan dan keandalan
D. komprehensif dan kooperatif (√)
23. Teori yang menyatakan bahwa tiruana anak dilahirkan dengan mempunyai kemampuan untuk memakai bahasa adalah
A. Sosiokultural
B. Genetik (√)
C. Behavioristik
D. Konstruktivistik
24. Berikut ini termasuk dalam dimensi kompetensi sosial, kecuali :
A. kerja tim, melihat peluang, kiprah dalam kegiatan kelompok, tanggung tanggapan sebagai masyarakat
B. kepemimpinan, relawan sosial, kedewasaan dalam bekreasi, berbagi
C. berempati, kepedulian kepada sesama, toleransi, solusi konflik, mendapatkan perbedaan, kerja sama
D. IQ yang tinggi, relasi yang luas dan berkarakter, manajerial, kepemimpinan (√)
25. Berikut ini ialah contoh perkembangan individu yang terkait dengan budaya
A. anak memegang pensil dengan benar
B. anak berjalan di atas titian secara seimbang
C. anak bisa berbicara dengan bahasa yang halus (√)
D. anak bisa memakai egrang
26. Menurut Jean Piaget, anak yang membangun kemampuan kognitif melalui interaksi dengan dunia sekitar disebut
A. Strukturalisme
B. Konstruktivisme (√)
C. Behaviorisme
D. Progressivisme
27. Media pembelajaran ialah pecahan integral dari keseluruhan proses pembelajaran
A. Media pembelajaran meletakkan dasar-dasar yang konkret untuk melatih proses berfikir anak
B. Posisi media pembelajaran saling terkait dengan komponen pembelajaran lainnya (√)
C. Media pembelajaran harus memungkinkan sanggup mempercepat proses belajar
D. Media pembelajaran mempunyai fungsi ganda yaitu sebagai alat menolong pendidikan dan fungsi hiburan
28. Yang tidak termasuk kreativitas adalah
A. Kemampuan seseorang untuk menghasilkan komposisi, produk atau gagasan apa saja yang intinya baru, dan sebelumnya tidak dikenal pembuatannya
B. Dapat berupa kegiatan imajinatif sintesis pemikiran yang akibatnya bukan spesialuntuk perangkuman
C. Teknik berpikir yang bersifat logis/rasional, analitis, konvergen, teratur, dan linier (√)
D. Teknik berpikir yang bersifat divergen, intuitif, holistik, multidimensional, dan human
29. Emosi berdasarkan Goleman adalah
A. Perasaan yang ada dalam diri seseorang, berupa senang atau tidak senang, benci atau cinta
B. Berbagai perasaan yang kuat, yakni benci, takut, marah, senang dan sedih
C. Sebagai perasaan atau afeksi yang melibatkan suatu adonan antara gejolak fisiologis dan sikap yang tidak tampak
D. Merujuk pada suatu perasaan atau pikiran-pikiran khasnya suatu keadaan biologis dan psikologis, serta serangkaian kecenderungan untuk bertindak (√)
30. Guru ialah suatu profesi yang artinya suatu jabatan atau pekerjaan yang memerlukan keahlian khusus sebagai guru. Suatu profesi mempunyai persyaratan tertentu menyerupai dibawah ini, kecuali :
A. menuntut adanya keterampilan yang mendasarkan pada konsep dan teori ilmu pengetahuan yang mendasar
B. menekankan pada suatu keahlian dalam bidang tertentu sesuai dengan profesinya
C. mempunyai tingkat pendidikan setingkat Doktor (√)
D. menuntut tingkat pendidikan yang memadai
31. Bagaimanakah cara anak memperoleh bahasa ketika berusia kurang dari satu tahun?
A. Mendengarkan orang sampaumur berbicara
B. Meniru ucapan orang dewasa
C. Memperhatikan muka orang sampaumur dan menanggapi dengan bahasa mereka
D. Bermain-main dengan suara (mengoceh) (√)
32. Inovasi ialah suatu perubahan gres yang secara kualitatif tidak sama dengan yang ada sebelumnya, disengaja, untuk meningkatkan kemampuan dalam mencapai tujuan. Pernyataan tersebut dikemukakan oleh . . . .
A. Santosa S. Hamidjaja (√)
B. Mattew B. Milers
A. Kompetensi Paedagogik
B. Kompetensi Profesional (√) C. Komppetensi Kepribadian D. Kompetensi Sosial
22. Ciri-ciri penilaian yang baik ialah : A. keefektifan dan efisiensi
B. adilitas dan integritas
C. keshahihan dan keandalan
D. komprehensif dan kooperatif (√)
23. Teori yang menyatakan bahwa tiruana anak dilahirkan dengan mempunyai kemampuan untuk memakai bahasa adalah
A. Sosiokultural
B. Genetik (√)
C. Behavioristik
D. Konstruktivistik
24. Berikut ini termasuk dalam dimensi kompetensi sosial, kecuali :
A. kerja tim, melihat peluang, kiprah dalam kegiatan kelompok, tanggung tanggapan sebagai masyarakat
B. kepemimpinan, relawan sosial, kedewasaan dalam bekreasi, berbagi
C. berempati, kepedulian kepada sesama, toleransi, solusi konflik, mendapatkan perbedaan, kerja sama
D. IQ yang tinggi, relasi yang luas dan berkarakter, manajerial, kepemimpinan (√)
25. Berikut ini ialah contoh perkembangan individu yang terkait dengan budaya
A. anak memegang pensil dengan benar
B. anak berjalan di atas titian secara seimbang
C. anak bisa berbicara dengan bahasa yang halus (√)
D. anak bisa memakai egrang
26. Menurut Jean Piaget, anak yang membangun kemampuan kognitif melalui interaksi dengan dunia sekitar disebut
A. Strukturalisme
B. Konstruktivisme (√)
C. Behaviorisme
D. Progressivisme
27. Media pembelajaran ialah pecahan integral dari keseluruhan proses pembelajaran
A. Media pembelajaran meletakkan dasar-dasar yang konkret untuk melatih proses berfikir anak
B. Posisi media pembelajaran saling terkait dengan komponen pembelajaran lainnya (√)
C. Media pembelajaran harus memungkinkan sanggup mempercepat proses belajar
D. Media pembelajaran mempunyai fungsi ganda yaitu sebagai alat menolong pendidikan dan fungsi hiburan
28. Yang tidak termasuk kreativitas adalah
A. Kemampuan seseorang untuk menghasilkan komposisi, produk atau gagasan apa saja yang intinya baru, dan sebelumnya tidak dikenal pembuatannya
B. Dapat berupa kegiatan imajinatif sintesis pemikiran yang akibatnya bukan spesialuntuk perangkuman
C. Teknik berpikir yang bersifat logis/rasional, analitis, konvergen, teratur, dan linier (√)
D. Teknik berpikir yang bersifat divergen, intuitif, holistik, multidimensional, dan human
29. Emosi berdasarkan Goleman adalah
A. Perasaan yang ada dalam diri seseorang, berupa senang atau tidak senang, benci atau cinta
B. Berbagai perasaan yang kuat, yakni benci, takut, marah, senang dan sedih
C. Sebagai perasaan atau afeksi yang melibatkan suatu adonan antara gejolak fisiologis dan sikap yang tidak tampak
D. Merujuk pada suatu perasaan atau pikiran-pikiran khasnya suatu keadaan biologis dan psikologis, serta serangkaian kecenderungan untuk bertindak (√)
30. Guru ialah suatu profesi yang artinya suatu jabatan atau pekerjaan yang memerlukan keahlian khusus sebagai guru. Suatu profesi mempunyai persyaratan tertentu menyerupai dibawah ini, kecuali :
A. menuntut adanya keterampilan yang mendasarkan pada konsep dan teori ilmu pengetahuan yang mendasar
B. menekankan pada suatu keahlian dalam bidang tertentu sesuai dengan profesinya
C. mempunyai tingkat pendidikan setingkat Doktor (√)
D. menuntut tingkat pendidikan yang memadai
31. Bagaimanakah cara anak memperoleh bahasa ketika berusia kurang dari satu tahun?
A. Mendengarkan orang sampaumur berbicara
B. Meniru ucapan orang dewasa
C. Memperhatikan muka orang sampaumur dan menanggapi dengan bahasa mereka
D. Bermain-main dengan suara (mengoceh) (√)
32. Inovasi ialah suatu perubahan gres yang secara kualitatif tidak sama dengan yang ada sebelumnya, disengaja, untuk meningkatkan kemampuan dalam mencapai tujuan. Pernyataan tersebut dikemukakan oleh . . . .
A. Santosa S. Hamidjaja (√)
B. Mattew B. Milers
C. Sumantri Mulyani
D. Rabbin
33. Gaya pengasuhan yang mendorong bawah umur semoga berdikari tetapi masih menetapkan batas-batas dan pengendalian atas tindakannya adalah
A. Pengasuhan permissive-indulgent
B. Pengasuhan otoritatif (√)
C. Pengasuhan permissive-indefferent
D. Pengasuhan otoriter
34. Anak-anak memakai emosi untuk menginformasikan orang lain wacana perasaan dan kebutuhan mereka termasuk dalam fungsi emosi sebagai
A. Pengaturan (regulation)
B. Komunikasi (communication) (√)
C. Kelangsungan hidup (survival)
D. Penyesuaian diri (adaptation)
35. Manakah kegiatan yang paling mungkin dilakukan oleh guru pada ketika ia ingin mengenalkan hewan kepada anak-anak
A. Menhadirkan pawing ular ke kelas
B. Mengundang petugas bonbin ke kelas
C. Menampilkan banyak sekali macam hewan melalui gambar (√)
D. Membawa hewan ke dalam kelas
36. Salah satu nilai yang dimiliki media pembelajaran, yaitu
A. Membuat aneh konsep-konsep yang nyata
B. Membangkitkan motivasi berguru anak (√)
C. Menumbuhkan individualism anak dalam belajar
D. Mengontrol ketepatan mengajar guru
37. Anak-anak memakai emosi untuk menginformasikan orang lain wacana perasaan dan kebutuhan mereka termasuk dalam fungsi emosi sebagai
A. Pengaturan (regulation)
B. Komunikasi (communication) (√)
C. Kelangsungan hidup (survival)
D. Penyesuaian diri (adaptation)
38. Berikut ini dalah contoh sumber berguru yang sanggup mempersembahkan informasi yang akurat dan terbaru, kecuali
A. Buku bacaan
B. Majalah untuk anak
C. Nara sumber
D. Cerita rakyat (√)
39. Apabila tuntutan dari luar berlawanan dengan impian maka seseorang akan mengalami emosi
A. Marah (√)
B. Gembira atau senang
C. Sedih
D. Takut
40. Proses perembesan informasi gres ke dalam informasi yang sudah ada di dalam skemata (struktur kognitif) anak adalah
A. Ekuilibrium
33. Gaya pengasuhan yang mendorong bawah umur semoga berdikari tetapi masih menetapkan batas-batas dan pengendalian atas tindakannya adalah
A. Pengasuhan permissive-indulgent
B. Pengasuhan otoritatif (√)
C. Pengasuhan permissive-indefferent
D. Pengasuhan otoriter
34. Anak-anak memakai emosi untuk menginformasikan orang lain wacana perasaan dan kebutuhan mereka termasuk dalam fungsi emosi sebagai
A. Pengaturan (regulation)
B. Komunikasi (communication) (√)
C. Kelangsungan hidup (survival)
D. Penyesuaian diri (adaptation)
35. Manakah kegiatan yang paling mungkin dilakukan oleh guru pada ketika ia ingin mengenalkan hewan kepada anak-anak
A. Menhadirkan pawing ular ke kelas
B. Mengundang petugas bonbin ke kelas
C. Menampilkan banyak sekali macam hewan melalui gambar (√)
D. Membawa hewan ke dalam kelas
36. Salah satu nilai yang dimiliki media pembelajaran, yaitu
A. Membuat aneh konsep-konsep yang nyata
B. Membangkitkan motivasi berguru anak (√)
C. Menumbuhkan individualism anak dalam belajar
D. Mengontrol ketepatan mengajar guru
37. Anak-anak memakai emosi untuk menginformasikan orang lain wacana perasaan dan kebutuhan mereka termasuk dalam fungsi emosi sebagai
A. Pengaturan (regulation)
B. Komunikasi (communication) (√)
C. Kelangsungan hidup (survival)
D. Penyesuaian diri (adaptation)
38. Berikut ini dalah contoh sumber berguru yang sanggup mempersembahkan informasi yang akurat dan terbaru, kecuali
A. Buku bacaan
B. Majalah untuk anak
C. Nara sumber
D. Cerita rakyat (√)
39. Apabila tuntutan dari luar berlawanan dengan impian maka seseorang akan mengalami emosi
A. Marah (√)
B. Gembira atau senang
C. Sedih
D. Takut
40. Proses perembesan informasi gres ke dalam informasi yang sudah ada di dalam skemata (struktur kognitif) anak adalah
A. Ekuilibrium
B. Akomodasi
C. Adaptasi
D. Asimilasi (√)
41. Secara harafiah media berarti
A. Perantara Perantara (√)
B. Sumber pesan
C. Penerima pesan
D. Metode pembelajaran
42. Bagian epilog suatu karya tulis ilmia, pada umumnya menyajikan perihal
A. rangkuman dan tindak lanjut
B. final umum
C. rekomendasi penulis
D. final dan masukan (√)
43. Faktor-faktor apakah yang mempengaruhi perkembangan emosi pada anak
A. Faktor keturunan dan lingkungan
B. Faktor bawaan dan pendidikan
C. Faktor kematangan dan berguru (√)
D. Faktor intelektual dan sosial
44. Aspek-aspek yang memilih karakteristik karya tulis, kecuali
A. sikap penulis
B. panjang goresan pena (√)
C. struktur sajian
D. penerapan bahasa
45. Tahap pada ketika individu/kelompok mulai membentu sikap menyenangi atau tidak menyenangi terhadap penemuan dikategorikan ....
A. Tahap pengetahuan (kowledge)
B. Tahap bujukan (persuasion) (√)
C. Tahap pengembalian keputusan (decision making)
D. Tahap implementasi (implementation)
46. Guru tidak perlu menhadirkan obyek tertentu keruangan kelas lantaran tidak memungkinkan dari segi pengadaannya. Pernyataan tersebut sesuai dengan manfaat sumber belajar, yaitu sumber berguru dapat
A. Memdiberikan informasi yang akurat dan terbaru
B. Memperluas wawasan anak
C. Meningkatkan motivasi berguru anak
D. Mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan daya indra (√)
47. Anak usia taman kanak-kanak berada pada tahap perkembangan
A. Praoperasional (√)
B. Formal operasional
D. Asimilasi (√)
41. Secara harafiah media berarti
A. Perantara Perantara (√)
B. Sumber pesan
C. Penerima pesan
D. Metode pembelajaran
42. Bagian epilog suatu karya tulis ilmia, pada umumnya menyajikan perihal
A. rangkuman dan tindak lanjut
B. final umum
C. rekomendasi penulis
D. final dan masukan (√)
43. Faktor-faktor apakah yang mempengaruhi perkembangan emosi pada anak
A. Faktor keturunan dan lingkungan
B. Faktor bawaan dan pendidikan
C. Faktor kematangan dan berguru (√)
D. Faktor intelektual dan sosial
44. Aspek-aspek yang memilih karakteristik karya tulis, kecuali
A. sikap penulis
B. panjang goresan pena (√)
C. struktur sajian
D. penerapan bahasa
45. Tahap pada ketika individu/kelompok mulai membentu sikap menyenangi atau tidak menyenangi terhadap penemuan dikategorikan ....
A. Tahap pengetahuan (kowledge)
B. Tahap bujukan (persuasion) (√)
C. Tahap pengembalian keputusan (decision making)
D. Tahap implementasi (implementation)
46. Guru tidak perlu menhadirkan obyek tertentu keruangan kelas lantaran tidak memungkinkan dari segi pengadaannya. Pernyataan tersebut sesuai dengan manfaat sumber belajar, yaitu sumber berguru dapat
A. Memdiberikan informasi yang akurat dan terbaru
B. Memperluas wawasan anak
C. Meningkatkan motivasi berguru anak
D. Mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan daya indra (√)
47. Anak usia taman kanak-kanak berada pada tahap perkembangan
A. Praoperasional (√)
B. Formal operasional
C. Konkrit operasional
D. Sensorimotor
48. Guru harus mempunyai pemahaman akan sifat, ciri anak didik dan perkembangannya, mengerti beberapa konsep pendidikan yang mempunyai kegunaan untuk memmenolong siswa, menguasai beberapa metodologi mengajar yang sesuai dengan materi dan perkambangan siswa, sertanmenguasai sistem penilaian yang tepat dan baik yang pada gilirannya semakin meningkatkan kemampuan siswa. Hal ini termasuk dalam jenis kompetensi :
A. Kompetensi Paedagogik (√)
B. Kompetensi Profesional
C. Komppetensi Kepribadian
D. Kompetensi Sosial
49. Anak yang sudah mulai sanggup membedakan antara fantasi dan kenyataan yang sebenarnya, berada dalam rentang usia
A. 4-5 tahun (√)
B. 2-3 tahun
48. Guru harus mempunyai pemahaman akan sifat, ciri anak didik dan perkembangannya, mengerti beberapa konsep pendidikan yang mempunyai kegunaan untuk memmenolong siswa, menguasai beberapa metodologi mengajar yang sesuai dengan materi dan perkambangan siswa, sertanmenguasai sistem penilaian yang tepat dan baik yang pada gilirannya semakin meningkatkan kemampuan siswa. Hal ini termasuk dalam jenis kompetensi :
A. Kompetensi Paedagogik (√)
B. Kompetensi Profesional
C. Komppetensi Kepribadian
D. Kompetensi Sosial
49. Anak yang sudah mulai sanggup membedakan antara fantasi dan kenyataan yang sebenarnya, berada dalam rentang usia
A. 4-5 tahun (√)
B. 2-3 tahun
C. 3-4 tahun
D. 5-6 tahun
50. Keobyektifan penulis karya tulis ilmiah dicerminkan dalam gaya bahasa yang bersifat
A. resmi
B. baku (√)
C. impersonal
D. personal
50. Keobyektifan penulis karya tulis ilmiah dicerminkan dalam gaya bahasa yang bersifat
A. resmi
B. baku (√)
C. impersonal
D. personal
Download juga :
51. Karakteristik perkembangan motorik halus anak usia 4-5 tahun
A. Menggambar dengan gerakan naik turun bersambung (seperti pegunungan atau bukit) (√)
B. Menggambar garis bundar dan garis silang (garis tegak dan datar)
C. Menggambar garis lurus
D. Menggambar coret-coretan
52. Pernyataan yang benar ialah :
A. kedua pernyataan di bawah salah
B. kedua pernyataan di bawah salah
C. belum sempurnanyanya yakni pada patokan yang dipakai dan hal itu tergantung pada pertimbangan guru yang bersangkutan
D. pernyataan di atas tiruananya benar (√)
53. Fungsi utama media dalam proses pembelajaran di TK, yaitu
A. Memmenolong mempergampang guru dalam melaksanakan pembelajaran
B. Memancing perhatian anak dalam proses pembelajaran (√)
C. Mengurangi terjadinya verbalisme dalam diri siswa
D. Sebagai alat menolong guru dalam mengarahkan anak belajar
54. Hasil penelitian lainnya mengambarkan bahwa informasi atau pengetahuan yang paling banyak mengendap dalam ingatan seseorang, yaitu melalui
A. Auditori
B. Visualisasi
C. Audiovisual (√)
D. Audio
55. Memanfaatkan sumber daya sanggup meningkatkan motivasi berguru anak. Hal tersebut disebabkan anak
A. Senang lantaran gurunya lebih banyak diberistirahat
B. Gembira lantaran gurunya tidak terlalu banyak mengatur
C. Merasa senang lantaran banyak pilihan sumber untuk berguru (√)
D. Bingung lantaran sumber belajarnya terlalu banyak
56. Yang tidak termasuk dalam seni administrasi empat P dalam pengembangan kreativitas adalah
A. Pribadi
B. Pendorong
C. Proses
D. Prosedur (√)
57. Berikut ini BUKAN termasuk contoh perkembangan
A. anak bisa berguling kemudian tengkurap
B. anak tumbuh gigi (√)
C. anak bisa berlari
D. anak memainkan pengecap dan meraban
58. Gaya pengasuhan yang mendorong bawah umur semoga berdikari tetapi masih menetapkan batas-batas dan pengendalian atas tindakannya adalah
A. Pengasuhan permissive-indulgent
B. Pengasuhan otoritatif (√)
C. Pengasuhan permissive-indefferent
D. Pengasuhan otoriter
59. Menurut Jean Piaget, anak yang membangun kemampuan kognitif melalui interaksi dengan dunia sekitar disebut
A. Strukturalisme
B. Konstruktivisme (√)
C. Behaviorisme
D. Progressivisme
60. Standar kompetensi guru terdiri atas tiga komponen yang saling mengait menyerupai di bawah ini, kecuali :
A. Pengelolaan pembelajaran
B. tingkat Kecerdasan yang tinggi (√)
C. pengembangan profesi
D. penguasaan akademik.
61. Proses sosialisasi adalah....
A. Menyesuaikan sikap dengan patokan yang sanggup diterima setiap kelompok sosial
B. Memainkan kiprah sosial yang sanggup diterima setiap kelompok sosial
A. Menggambar dengan gerakan naik turun bersambung (seperti pegunungan atau bukit) (√)
B. Menggambar garis bundar dan garis silang (garis tegak dan datar)
C. Menggambar garis lurus
D. Menggambar coret-coretan
52. Pernyataan yang benar ialah :
A. kedua pernyataan di bawah salah
B. kedua pernyataan di bawah salah
C. belum sempurnanyanya yakni pada patokan yang dipakai dan hal itu tergantung pada pertimbangan guru yang bersangkutan
D. pernyataan di atas tiruananya benar (√)
53. Fungsi utama media dalam proses pembelajaran di TK, yaitu
A. Memmenolong mempergampang guru dalam melaksanakan pembelajaran
B. Memancing perhatian anak dalam proses pembelajaran (√)
C. Mengurangi terjadinya verbalisme dalam diri siswa
D. Sebagai alat menolong guru dalam mengarahkan anak belajar
54. Hasil penelitian lainnya mengambarkan bahwa informasi atau pengetahuan yang paling banyak mengendap dalam ingatan seseorang, yaitu melalui
A. Auditori
B. Visualisasi
C. Audiovisual (√)
D. Audio
55. Memanfaatkan sumber daya sanggup meningkatkan motivasi berguru anak. Hal tersebut disebabkan anak
A. Senang lantaran gurunya lebih banyak diberistirahat
B. Gembira lantaran gurunya tidak terlalu banyak mengatur
C. Merasa senang lantaran banyak pilihan sumber untuk berguru (√)
D. Bingung lantaran sumber belajarnya terlalu banyak
56. Yang tidak termasuk dalam seni administrasi empat P dalam pengembangan kreativitas adalah
A. Pribadi
B. Pendorong
C. Proses
D. Prosedur (√)
57. Berikut ini BUKAN termasuk contoh perkembangan
A. anak bisa berguling kemudian tengkurap
B. anak tumbuh gigi (√)
C. anak bisa berlari
D. anak memainkan pengecap dan meraban
58. Gaya pengasuhan yang mendorong bawah umur semoga berdikari tetapi masih menetapkan batas-batas dan pengendalian atas tindakannya adalah
A. Pengasuhan permissive-indulgent
B. Pengasuhan otoritatif (√)
C. Pengasuhan permissive-indefferent
D. Pengasuhan otoriter
59. Menurut Jean Piaget, anak yang membangun kemampuan kognitif melalui interaksi dengan dunia sekitar disebut
A. Strukturalisme
B. Konstruktivisme (√)
C. Behaviorisme
D. Progressivisme
60. Standar kompetensi guru terdiri atas tiga komponen yang saling mengait menyerupai di bawah ini, kecuali :
A. Pengelolaan pembelajaran
B. tingkat Kecerdasan yang tinggi (√)
C. pengembangan profesi
D. penguasaan akademik.
61. Proses sosialisasi adalah....
A. Menyesuaikan sikap dengan patokan yang sanggup diterima setiap kelompok sosial
B. Memainkan kiprah sosial yang sanggup diterima setiap kelompok sosial
C. Belajar berperilaku yang sanggup diterima setiap kelompok sosial (√)
D. Belajar berperilaku yang sanggup diterima setiap kelompok sosial
62. Karakteristik perkembangan motorik halus anak usia 4-5 tahun
A. Menggambar dengan gerakan naik turun bersambung (seperti pegunungan atau bukit)
B. Menggambar garis bundar dan garis silang (garis tegak dan datar) (√)
C. Menggambar garis lurus
D. Menggambar coret-coretan
63. Menurut laporan dari Jurnal Educational Leadership edisi Maret 1993, guru profesional dituntut mempunyai lima hal. Tiga diantaranya tersebut dibawah ini, kecuali :
A. Guru mempunyai relasi yang luas, bisa membangun komunikasi dengan profesi lain (√)
B. Guru mempunyai komitmen pada siswa dan proses belajarnya.
C. Guru menguasai secara mendalam bahan/materi pelajaran yang diajarkannya serta cara mengajarkannya kepada para siswa.
D. Guru bertanggung tanggapan memantau hasil berguru siswa melalui banyak sekali metode evaluasi, mulai cara pengamatan dalam sikap siswa sampaites hasil belajar. Guru bertanggung tanggapan memantau hasil berguru siswa melalui banyak sekali metode evaluasi, mulai cara pengamatan dalam sikap siswa sampaites hasil belajar.
64. Hal yang harus diperhatikan dari sisi guru pada ketika akan memakai metode menceritakan adalah
A. jenis dongeng (√)
B. tema cerita
C. penguasaan abjad tokoh cerita
D. pengaturan tempat duduk
62. Karakteristik perkembangan motorik halus anak usia 4-5 tahun
A. Menggambar dengan gerakan naik turun bersambung (seperti pegunungan atau bukit)
B. Menggambar garis bundar dan garis silang (garis tegak dan datar) (√)
C. Menggambar garis lurus
D. Menggambar coret-coretan
63. Menurut laporan dari Jurnal Educational Leadership edisi Maret 1993, guru profesional dituntut mempunyai lima hal. Tiga diantaranya tersebut dibawah ini, kecuali :
A. Guru mempunyai relasi yang luas, bisa membangun komunikasi dengan profesi lain (√)
B. Guru mempunyai komitmen pada siswa dan proses belajarnya.
C. Guru menguasai secara mendalam bahan/materi pelajaran yang diajarkannya serta cara mengajarkannya kepada para siswa.
D. Guru bertanggung tanggapan memantau hasil berguru siswa melalui banyak sekali metode evaluasi, mulai cara pengamatan dalam sikap siswa sampaites hasil belajar. Guru bertanggung tanggapan memantau hasil berguru siswa melalui banyak sekali metode evaluasi, mulai cara pengamatan dalam sikap siswa sampaites hasil belajar.
64. Hal yang harus diperhatikan dari sisi guru pada ketika akan memakai metode menceritakan adalah
A. jenis dongeng (√)
B. tema cerita
C. penguasaan abjad tokoh cerita
D. pengaturan tempat duduk
65. Kalau tes sudah dibakukan, maka tes itu : A. sudah diuji lapangan
B. absah
C. mahal
D. ialah ukuran talenta (√)
66. Mampu memuji, memdiberi semangat, atau menolong anak lain termasuk kiprah perkembangan emosi anak berusia
A. 5 tahun
B. 5 tahun 6 bulan (√)
C. 4 tahun
D. 4 tahun 6 bulan
67. Faktor-faktor apakah yang mempengaruhi perkembangan emosi pada anak
A. Faktor keturunan dan lingkungan
B. Faktor bawaan dan pendidikan
C. Faktor kematangan dan berguru (√)
D. Faktor intelektual dan sosial
68. Diantara jenis soal ini, mana yang paling cocok untuk mengukur sikap kreatif : A. penilaian produk
B. benar salah
C. pilihan ganda
D. menjodohkan (√)
69. Salah satu bentuk permainan anak ialah bermain sejajar, maksudnya adalah
A. guru meminta anak bermain berpasang-pasangan
B. guru meminta anak bermain berhadapan
C. anak bermain bersama dan berhubungan membuat satu objek
D. anak bermain bersama namun tidak saling kerjasama (√)
70. Emosi berdasarkan Goleman adalah
A. Perasaan yang ada dalam diri seseorang, berupa senang atau tidak senang, benci atau cinta
B. Berbagai perasaan yang kuat, yakni benci, takut, marah, senang dan sedih
C. Sebagai perasaan atau afeksi yang melibatkan suatu adonan antara gejolak fisiologis dan sikap yang tidak tampak
D. Merujuk pada suatu perasaan atau pikiran-pikiran khasnya suatu keadaan biologis dan psikologis, serta serangkaian kecenderungan untuk bertindak (√)
71. Pengembangan kreativitas akan berhasil jika
A. Pelaksanaan pembelajaran pada anak usia dini berorientasi pada pelajaran membaca, menulis, dan berhitung, maka fungsi imajinasi pada belahan otak kanan terabaikan
B. Membebani belahan otak kiri pada anak dengan tugas-tugas hafalan dan bersifat akademis
C. Pembelajaran pada anak usia dini dilaksankan secara seimbang dan serasi dalam mengembangkan kedua belahan otak (√)
D. Pembelajaran anak usia dini kurang mempersembahkan kebebasan
72. Berikut yang pemahaman PALING mendekati konsep perkembangan sosial ialah A. kesediaan seseorang untuk memdiberi sesuatu kepada orang atau bahwasanya (√) B. kemampuan anak untuk menghafal nama-nama tokoh
C. kemampuan anak berperilaku sesuai dengan tuntutan masyarakat
D. kemampuan anak untuk mempersembahkan masukan kepada kawannya yang minder
73. Alat Permainan Edukatif untuk anak Taman Kanak-kanak sanggup didefinisakan sebagai
A. Semua alat yang dipakai anak Taman Kanak-kanak untuk memenuhi kebutuhan naluri bermainnya
B. Alat permainan yang sengaja dirancang untuk kebutuhan pendidikan
C. Alat permainan yang dirancang secara khusus untuk meningkatkan aspek-aspek perkembangan anak Taman Kanak-kanak (√)
D. Alat permainan yang popular di kalangan anak TK
74. Yang tidak termasuk dalam karakteristik kepribadian kreatif adalah
A. Mempunyai kekuatan energi fisik yang memungkinkan mereka bekerja berjam-jam dengan serius penuh, tetapi juga bisa hening dan rileks, bergantung pada situasinya
B. Mempunyai kemampuan untuk melihat majemuk kemungkinan penyelesaian terhadap suatu kasus (√)
C. Sangat bersemangat (passionate) bila menyangkut karya mereka, tetapi juga sangat adil dalam penilaian karyanya
D. Sikap keterbukaan dan sensitivitas sering menciptakannya menderita jikalau menerima banyak Koreksi dan serangan terhadap hasil jerih payahnya, namun di ketika yang sama juga mencicipi kegembiraan yang luar biasa
75. Berikut ialah implementasi metode penyesuaian dalam pembelajaran kemampuan sosial
A. mengucap salam ketika bertemu atau berpisah dengan sesama mitra dan guru (√)
B. berhitung sebelum memasuki ruang kelas untuk belajar
C. berdoa sebelum memulai aktivitas
D. mencuci tangan sebelum makan bersama
76. Proses sosialisasi adalah
A. Menyesuaikan sikap dengan patokan yang sanggup diterima setiap kelompok sosial
B. Memainkan kiprah sosial yang sanggup diterima setiap kelompok sosial
C. Belajar berperilaku yang sanggup diterima setiap kelompok sosial (√)
D. Belajar berperilaku yang sesuai dengan standar sikap yang diterima
77. Bahan asuh yang cocok untuk anak Taman Kanak-kanak pada prinsipnya harus memenuhi beberapa hal, antara lain
A. Kompleks
B. Abstrak
C. Konkret (√)
D. Tidak berwarna
78. Yang tidak termasuk dalam prinsip-prinsip DAP (Developmentally Appropriate Practice) yang diterapkan sebagai contoh bagi pembelajaran anak usia dini semoga sesuai dengan tahap perkembangan anak adalah
A. Membuat lingkungan yang saling asuh
B. Pembelajaran untuk memmenolong perkembangan dan berguru anak
C. Menyusun kurikulum yang sesuai
D. Memacu perkembangan anak dengan mempersembahkan pelajaran baca dan menulis (√)
79. Penerima pesan dalam proses komunikasi pembelajaran di Taman Kanak-kanak disebut
A. Communicator
B. Communicant (√)
C. Messages
D. Sources
80. Pernyataan yang salah di bawah ini ialah :
A. antara PAP dan PAN, masing-masing mempunyai kelebihan
B. antara PAP dan PAN, masing-masing mempunyai kelemahan
C. pernyataan keduanya benar
D. pernyataan keduanya salah (√)
81. Apabila tuntutan dari luar berlawanan dengan impian maka seseorang akan mengalami emosi
A. Marah (√)
B. Gembira atau senang
C. Sedih
D. Takut
82. Mampu memuji, memdiberi semangat, atau menolong anak lain termasuk kiprah perkembangan emosi anak berusia
A. 5 tahun (√)
B. 5 tahun 6 bulan
C. 4 tahun
D. 4 tahun 6 bulan
83. APE sanggup meningkatkan lebih dari satu aspek perkembangan, ini ialah ciri APE yang
A. Multiguna (√)
B. Konstruktif
C. Kreatif
D. Aman
84. Perkembangan sosial adalah
A. Penerimaan sosial yang sesuai dengan tuntutan kelompok
B. Perolehan kemajuan berperilaku yang sesuai dengan tuntutan sosial
C. Belajar bergaul dengan orang lain atau anak
D. Penyesuaian sosial sebagai anggota kelompok sosial (√)
85. Berikut ialah salah satu contoh kiprah perkembangan sosial di taman kanak-kanak
A. anak tidak aib menceritakan di depan kelas
B. anak saling bertukar alat main dengan kawannya (√)
C. anak bisa mengitung jumlah kawannya yang hadir dan yang absen
D. anak bisa sebut anggota keluarganya
86. Komponen suatu karya tulis ilmiah bervariasi sesuai dengan jenis karya tulis ilmiah dan tujuan penulisannya, namun pada umumnya tiruana karya tulis ilmiah mempunyai komponen
A. daftar pustaka (√)
B. abstrak
C. daftar tabel
D. lampiran
87. Salah satu unsur kreativitas adalah
A. Merupakan suatu cara berpikir, tidak sinonim dengan kecerdasan yang mencakup beberapa aspek kemampuan mental selain berpikir (√)
B. Mempunyai maksud dan tujuan yang ditentukan, bukan fantasi semata
C. Ditandai oleh banyak (lebih dari satu) kemungkinan jawabanan dalam menghadapi persoalan
D. Dapat berbentuk produk seni, kesusastraan, produk ilmiah, atau bersifat prosedural/metodologis
88. Berikut ini pernyataan yang benar ialah :
A. mutu penilaian bergantung pada mutu asesmen, termasuk tes dan pengukuran
B. mutu penilaian bergantung pada mutu asesmen
C. mutu penilaian bergantung pada tes dan pengukuran
D. pernyataan a, b dan c salah (√)
89. Struktur sajian suatu karya tulis ilmiah pada umumnya terdiri dari
A. penlampauan, inti (pokok pembahasan), dan epilog (√)
B. penlampauan, abstrak, pecahan inti, final C. abstrak, penlampauan, pecahan inti, final D. abstrak, pecahan inti, penutup
90. Prinsip penilaian mencakup hal-hal sebagai diberikut ini kecuali : A. objektivitas
B. kontinuitas (√)
C. integritas
D. keefektifan
91. Karakteristik perkembangan motorik kasar anak usia 5-6 tahun
A. Melompat-lompat dengan kaki bergantian
B. Melompat dengan dua kaki sekaligus di atas bak/ hamparan pasir
C. Melompati parit (√)
D. Melompat dengan satu kaki
92. Dari jenis soal ini, mana yang paling dihindari sebagai tes satu soal : A. penilaian produk
B. benar salah (√)
C. pilihan ganda
D. menjodohkan
93. Permainan kiprah yang di dalamnya guru mempersiapkan skenario disebut
A. role-play
B. sosiodrama
C. drama bebas
D. drama terpimpin (√)
94. Pemanfaatan banyak sekali sumber berguru dalam pembelajaran anak Taman Kanak-kanak mempunyai banyak sekali manfaat, antara lain
A. Kegiatan berguru anak menjadi kurang menarikdanunik
B. Kegiatan berguru anak tidak sangat bahagia
C. Pengetahuan anak tidak bertambah
D. Motivasi berguru anak semakin meninggkat (√)
95. Berikut ini pernyataan yang benar ialah : A. tes ialah pertama dari penilaian (√)
B. tes ialah pecahan dari pengukuran
C. tes ialah sebuah instrumen
D. ketiga pernyataan benar
96. Salah satu komponen bahasa yang menekankan pada penerapan bahasa dalam
konteks komunikatif adalah
A. Morfologi B. Fonologi C. Semantik
D. Pragmatik (√)
97. Proses komunikasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dimana akseptor pesan dan pengirim pesan mempunyai latar belakang tidak sama, baik dari latar belakang sosial budaya, agama, pendidikan, karakteristik lain disebut . . . .
A. Heterofil (√)
B. Homofil C. Holomofil D. Homogen
98. Guru disyaratkan mempunyai sifat yang jujur, berbudi luhur, dewasa, diberiman, bermoral; kemampuan mengaktualisasikan diri menyerupai disiplin, tanggung jawaban, peka, objekti, luwes, berwawasan luas, sanggup berkomunikasi dengan orang lain. Hal tersebut termasuk dalam jenis :
A. Kompetensi Paedagogik
B. Kompetensi Profesional
C. Kompetensi Kepribadian (√)
D. Kompetensi Sosial
99. Bagaimanakah citra orang yang sosial?
A. Orang yang menginginkan kehadiran orang lain
B. Orang yang kesepian jikalau berada seorang diri di suatu tempat
C. Orang yang merasa puas semata-mata lantaran berada bersama orang lain
D. Orang yang perilakunya mecerminkan keberhasilan dalam proses sosialisasi (√)
100. Semantik sebagai salah satu komponen bahasa adalah
A. Susunan kata, organisasi kalimat, dan elemen lain suatu kalimat
B. Suatu pengertian yang mengacu pada susunan internal yang terdapat dalam sebuah kata
C. Suatu sistem hukum yang mengatur suatu pengertian atau visi dari suatu kata atau kombinasi beberapa kata (√)
D. Berkaitan dengan kaidah yang membentuk struktur, distribusi dan urutan ujaran, dan susunan suku kataSelengkapnya ada pada file tautan ini.
D. pernyataan keduanya salah (√)
81. Apabila tuntutan dari luar berlawanan dengan impian maka seseorang akan mengalami emosi
A. Marah (√)
B. Gembira atau senang
C. Sedih
D. Takut
82. Mampu memuji, memdiberi semangat, atau menolong anak lain termasuk kiprah perkembangan emosi anak berusia
A. 5 tahun (√)
B. 5 tahun 6 bulan
C. 4 tahun
D. 4 tahun 6 bulan
83. APE sanggup meningkatkan lebih dari satu aspek perkembangan, ini ialah ciri APE yang
A. Multiguna (√)
B. Konstruktif
C. Kreatif
D. Aman
84. Perkembangan sosial adalah
A. Penerimaan sosial yang sesuai dengan tuntutan kelompok
B. Perolehan kemajuan berperilaku yang sesuai dengan tuntutan sosial
C. Belajar bergaul dengan orang lain atau anak
D. Penyesuaian sosial sebagai anggota kelompok sosial (√)
85. Berikut ialah salah satu contoh kiprah perkembangan sosial di taman kanak-kanak
A. anak tidak aib menceritakan di depan kelas
B. anak saling bertukar alat main dengan kawannya (√)
C. anak bisa mengitung jumlah kawannya yang hadir dan yang absen
D. anak bisa sebut anggota keluarganya
86. Komponen suatu karya tulis ilmiah bervariasi sesuai dengan jenis karya tulis ilmiah dan tujuan penulisannya, namun pada umumnya tiruana karya tulis ilmiah mempunyai komponen
A. daftar pustaka (√)
B. abstrak
C. daftar tabel
D. lampiran
87. Salah satu unsur kreativitas adalah
A. Merupakan suatu cara berpikir, tidak sinonim dengan kecerdasan yang mencakup beberapa aspek kemampuan mental selain berpikir (√)
B. Mempunyai maksud dan tujuan yang ditentukan, bukan fantasi semata
C. Ditandai oleh banyak (lebih dari satu) kemungkinan jawabanan dalam menghadapi persoalan
D. Dapat berbentuk produk seni, kesusastraan, produk ilmiah, atau bersifat prosedural/metodologis
88. Berikut ini pernyataan yang benar ialah :
A. mutu penilaian bergantung pada mutu asesmen, termasuk tes dan pengukuran
B. mutu penilaian bergantung pada mutu asesmen
C. mutu penilaian bergantung pada tes dan pengukuran
D. pernyataan a, b dan c salah (√)
89. Struktur sajian suatu karya tulis ilmiah pada umumnya terdiri dari
A. penlampauan, inti (pokok pembahasan), dan epilog (√)
B. penlampauan, abstrak, pecahan inti, final C. abstrak, penlampauan, pecahan inti, final D. abstrak, pecahan inti, penutup
90. Prinsip penilaian mencakup hal-hal sebagai diberikut ini kecuali : A. objektivitas
B. kontinuitas (√)
C. integritas
D. keefektifan
91. Karakteristik perkembangan motorik kasar anak usia 5-6 tahun
A. Melompat-lompat dengan kaki bergantian
B. Melompat dengan dua kaki sekaligus di atas bak/ hamparan pasir
C. Melompati parit (√)
D. Melompat dengan satu kaki
92. Dari jenis soal ini, mana yang paling dihindari sebagai tes satu soal : A. penilaian produk
B. benar salah (√)
C. pilihan ganda
D. menjodohkan
93. Permainan kiprah yang di dalamnya guru mempersiapkan skenario disebut
A. role-play
B. sosiodrama
C. drama bebas
D. drama terpimpin (√)
94. Pemanfaatan banyak sekali sumber berguru dalam pembelajaran anak Taman Kanak-kanak mempunyai banyak sekali manfaat, antara lain
A. Kegiatan berguru anak menjadi kurang menarikdanunik
B. Kegiatan berguru anak tidak sangat bahagia
C. Pengetahuan anak tidak bertambah
D. Motivasi berguru anak semakin meninggkat (√)
95. Berikut ini pernyataan yang benar ialah : A. tes ialah pertama dari penilaian (√)
B. tes ialah pecahan dari pengukuran
C. tes ialah sebuah instrumen
D. ketiga pernyataan benar
96. Salah satu komponen bahasa yang menekankan pada penerapan bahasa dalam
konteks komunikatif adalah
A. Morfologi B. Fonologi C. Semantik
D. Pragmatik (√)
97. Proses komunikasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dimana akseptor pesan dan pengirim pesan mempunyai latar belakang tidak sama, baik dari latar belakang sosial budaya, agama, pendidikan, karakteristik lain disebut . . . .
A. Heterofil (√)
B. Homofil C. Holomofil D. Homogen
98. Guru disyaratkan mempunyai sifat yang jujur, berbudi luhur, dewasa, diberiman, bermoral; kemampuan mengaktualisasikan diri menyerupai disiplin, tanggung jawaban, peka, objekti, luwes, berwawasan luas, sanggup berkomunikasi dengan orang lain. Hal tersebut termasuk dalam jenis :
A. Kompetensi Paedagogik
B. Kompetensi Profesional
C. Kompetensi Kepribadian (√)
D. Kompetensi Sosial
99. Bagaimanakah citra orang yang sosial?
A. Orang yang menginginkan kehadiran orang lain
B. Orang yang kesepian jikalau berada seorang diri di suatu tempat
C. Orang yang merasa puas semata-mata lantaran berada bersama orang lain
D. Orang yang perilakunya mecerminkan keberhasilan dalam proses sosialisasi (√)
100. Semantik sebagai salah satu komponen bahasa adalah
A. Susunan kata, organisasi kalimat, dan elemen lain suatu kalimat
B. Suatu pengertian yang mengacu pada susunan internal yang terdapat dalam sebuah kata
C. Suatu sistem hukum yang mengatur suatu pengertian atau visi dari suatu kata atau kombinasi beberapa kata (√)
D. Berkaitan dengan kaidah yang membentuk struktur, distribusi dan urutan ujaran, dan susunan suku kataSelengkapnya ada pada file tautan ini.
Silahkan download !!!
Demikianlah yang sanggup dishare kali ini.
Semoga bermanfaa.
0 Response to "Download Teladan 100 Soal Dan Kunci Balasan Ukg Guru Paud/Tk/Ra.Doc"
Posting Komentar