Bab Iv Epilog Devi

BAB IV
SIMPULAN DAN SARAN

A.      Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dengan penerapan model pembelajaran aktif tipe quiz team dalam pembelajaran IPS ihwal proklamasi kemerdekaan republik Indonesia yang dilaksanakan di kelas V MIN Sutam Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung, sanggup disimpulkan bahwa :
1.      Dalam pembelajaran IPS di kelas V MIN Sutam Ciparay,  proses pembelajaran yang dilakukan masih bersifat konvensional, model pembelajaran yang disampaikanpun tidak pernah dialami siswa, siswa belum mempunyai pengalaman ihwal materi pembelajaran yang sesuai dengan konteks dimana siswa berada. Sehingga dalam pelaksanaan tindakan belum menggunakan  sumber berguru yang diambil dari lingkungan sekitar siswa serta pengalaman yang dialami siswa. Selain itu dalam pembelajaran IPS masih banyak siswa yang kemampuannya perlu ditingkatkan, fenomena tersebut berkaitan akrab dengan acara siswa dalam proses pembelajaran. Hal itu terbukti saat dilakukan observasi pertama acara berguru siswa melalui lembar observasi dengan menerapkan beberapa indikator yang akan dicapai dan sudah disiapkan, nilai rata-rata acara siswa berada pada tahap rendah dengan kategori kurang aktif adalah pada persentasi nilai 31, 8%.
2.      Dari hasil penelitian yang diperoleh dari penerapan model pembelajaran aktif tipe quiz team dalam upaya meningkatkan acara berguru siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V MIN Sutam Ciparay pada siklus I, masih terdapat beberapa kegiatan yang tidak dimasukkan dan belum sanggup tercapai dari beberapa indikator acara dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini berdampak kepada acara berguru siswa yang masih berada pada tahap sedang dengan kategori cukup aktif pada nilai persentasi 55,00%. Oleh sebab itu penelitian perlu dilanjutkan dan dilakukan tindakan pada siklus II dengan memperbaiki belum sempurnanya pada siklus I.
3.      Dari hasil yang diperoleh melalui tindakan pada siklus II terhadap  aktivitas berguru siswa, pada proses pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran aktif tipe quiz team pada siklus II yang menjadi final siklus mengalami perubahan dan peningkatan yang sangat signifikan dari siklus sebelumnya dan berada pada tahap yang sangat tinggi dengan kategori sangat aktif pada persentasi nilai 82,33%. Hal tersebut membuktikan bahwa adanya peningkatan acara berguru siswa pada pembelajaran IPS dengan memakai model pembelajaran aktif tipe quiz team.
B.       Saran
Berdasarkana hasil penelitian yang sudah dilakukan, maka guna meningkatkan proses pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah, ada beberapa rekomendasi bagi tiruana pihak yang terkait, di antaranya :
1.      Untuk membuat suasana pembelajaran IPS yang sangat senang dan memmenolong siswa dalam meningkatkan acara belajarnya, diperlukan guru sanggup memakai model pembelajaran yang tepat dengan materi yang akan didiberikan, sehingga sanggup menumbuhkan motivasi dan minat berguru siswa.
2.      Dalam pelaksanaanya penerapan model pembelajaran aktif tipe quiz team menuntut siswa untuk lebih aktif dan kreatif. Hal ini sangat menghipnotis semangat dan motivasi mereka dalam belajar, khususnya pada mata pelajaran IPS materi latih Proklamasi kemerdekaan republik Indonesia.
3.      Dalam penerapan model pembelajaran aktif tipe quiz team pada mata pelajaran IPS mempersembahkan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan acara berguru siswa. Oleh sebab itu, penelitian ini sanggup menjadi implementasi data bagi peneliti lain untuk menerapkan model pembelajaran aktif tipe quiz team pada mata pelajaran IPS khususnya materi latih Proklamasi kemerdekaan republik Indonesia.



Related Posts

0 Response to "Bab Iv Epilog Devi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel