Lembar Acara Guru
LEMBAR OBSERVASI GURU
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TIPE QUIZ TEAM UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA
Nama Sekolah : MIN Sutam Ciparay
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Pokok Bahasan : Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia
Kelas/Semester : V/2
Hari/Tanggal : Senin, 08 April 2013
Fokus Observasi : Aktivitas Guru Menerapkan Model Pembelajaran Aktif Tipe Quiz Team
No. | Aspek | Indikator | Ya | Tidak |
1. | Kegiatan Pra Pembelajaran | a. Menata ruang kelas, media, dan sumber berguru dengan teliti. | | |
b. Memdiberikan salam kepada seluruh siswa | | |||
c. Memeriksa kehadiran siswa | | | ||
d. Mengkondisikan diri sendiri dan siswa untuk siap melaksanakan proses pembelajaran | | | ||
2. | Kemampuan memulai pembelajaran | a. Menarik perhatian siswa | | |
b. Membangkitkan motivasi siswa untuk belajar | | | ||
c. Melakukan apersepsi, meningkatkan keingintahuan dan pengetahuan pertama siswa | | | ||
d. Menjelaskan tujuan pembelajaran dan mempersembahkan pola materi yang akan disajikan | | | ||
3. | Sikap Guru dalam proses pembelajaran | a. Suara guru harus terang dan sanggup didengar oleh seluruh siswa. | | |
b. Ekspresi dalam menggerakan anggota badan dilakukan secara masuk akal dan proporsional | | | ||
c. Antusiasme, penampilan serta energi yang ditunjukan dalam proses pembelajaran, membuat aman bagi siswa. | | | ||
d. Mobilitas dalam kelas dilakukan secara masuk akal dan efektif | | | ||
4. | Penguasaan Bahan Ajar | a. Penyajian Bahan asuh dalam proses pembelajaran sesuai dengan SK, KD, Indikator serta sumber berguru yang sudah diputuskan. | | |
b. Pembahasan, pemdiberian contoh serta dampak pengiring/media ataupun metode yang dipakai untuk pemdiberian sikap yang diperlukan dan tepat. | | | ||
c. Menunjukan penguasaan pengetahuan yang luas dan mendalam terhadap materi ajar. | | | ||
d. Dapat merespon pertanyaan dan mengatasi permasalahn yang berasal dari siswa. | | | ||
5. | Proses Pembelajaran | a. Model pembelajaran sesuai dengan jenis dan prosdur yang diputuskan pada silabus dan rpp. | | |
b. Penyajian materi pembelajaran berorientasi pada kompetisi serta kegiatan siswa secara menyeluruh. | | | ||
c. Penanganan individu/kelompok siswa dilakukan dengan efektif dan wajar. | | | ||
d. Alokasi waktu dalam proses pembelajaran dilakukan secara efektif, efisien dan proporsional. | | | ||
6. | Kemampuan khusus dalam pembelajaran IPS | a. Memdiberikan pengalaman berguru siswa dengan diberinteraksi terhadap lingkungan sosial serta rasa nasionalisme, khususnya melalui model pembelajaran aktif tipe quiz team dalam pembelajaran IPS | | |
b. Meningkatkan kegiatan dan kemampuan siswa pada materi proklamasi kemerdekaan republik Indonesia. | | | ||
c. Mengembangkan pengetahuan, keterampilan serta sikap sosial dan nasionalisme siswa sesuai dengan tujuan pembelajaran. | | | ||
d. Meneladani serta memahami materi usaha dalam memproklamasikan kemerdekaan RI serta pembetukan abjad nasionalisme terhadap sikap dan sikap dalam kehidupan sehari-hari. | | | ||
7. | Tindak lanjut kemampuan memakai model pembelajaran aktif tipe quiz team pada mata pelajaran IPS | a. Guru memilih topik yang sanggup dipresentasikan dalam 3 bagian. | | |
b. Guru membagi peseta didik menjadi 3 tim. Kelompok A, kelompok B, dan kelompok C | | | ||
c. Guru membuktikan bentuk sesinya dan mulailah presentasi. Batasi presentasi hingga 10 menit atau kurang. | | | ||
d. Sesudah final presentasi dilanjutkan dengan kuis. Guru meminta tim A menyiapkan kuis yang berjawabanan singkat. Kuis ini tidak memerlukan waktu lebih dari 5 menit untuk persiapan. Tim B dan C memanfaatkan waktu untuk meninjau catatan mereka. | | | ||
e. Tim A menguji tim B. kalau tidak bisa tim C menerima peluang menjawaban. | | | ||
f. Tim A melanjutkan ke pertanyaan selanjutnya kepada anggota tim C, dan ulangi prosesnya. | | | ||
g. Ketika kuis selsesai, guru melanjutkan dengan bab kedua pelajaran anda, dan tunjuklah tim B sebagai pemimpin kuis. | | | ||
h. Sesudah tim B menuntaskan ujian tersebut, guru melanjutkan dengan bab ketiga dan tentukan tim C sebagai pemimpin kuis. | | | ||
| | i. Sesudah tiruana tim mempersembahkan kuisnya, guru menetukan pemenang kuis dan mempersembahkan reward kepada pemenang tim. | | |
| | j. Guru mempersembahkan refleksi dan menyimpulkan materi kemudian menutup kegiatan pembelajaran. | | |
Kriteria Penilaian
Setiap tindakan wajib didiberikan tanda ceklist (√ ), kalau tindakan tersebut dilakukan oleh guru maka tanda ceklist didiberikan pada kolom “Ya”, dan kalau tindakan tersebut tidak dilaksanakan oleh guru maka tanda ceklist didiberikan pada kolom “Tidak”.
Adapun persentase ketercapaian penerapan model pembelajaran aktif tipe quiz team sanggup dihitung dengan rumus:
Jumlah tanda ceklist pada kolom “Ya”
100%

Jumlah total tanda ceklist
Mengetahui, Wali Kelas (Toni Hidayat, S. Pd) NIP: 198008082005011007 | | Bandung, 8 April 2013 Observer (Enjang Abdul Majid) NIM: 1209209017 |
0 Response to "Lembar Acara Guru"
Posting Komentar