Contoh Laporan Ppl
BAB I
PENDAHULUAN
A. LatarBelakang
Praktik Pengalaman Lapangan ialah kegiatan yang sangatpenting bagi setiap calon pendidik. Praktik ini mempunyai kegunaan dalam mematangkan dan memproses calon pendidik dalam tugas yang akan disandangnya kelak sebagai tenaga pendidik dan pengelola forum pendidikan.
Para mahasiswa yang mengikuti kegiatan PPL dilatih untuk melaksanakan kegiatan sebagai guru yang dibimbing, diarahkan, dan dituntun oleh guru pamong dan dosen pembimbing. Para mahasiswa dituntut untuk berperan aktif dalam pelaksanaan PPL sehingga sukses menjadi pendidik baik sebagai guru maupun sebagai kiprah lainnya.
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang kami laksanakan di MI Negeri 1 Kota Bandung yang beralamat di Jl.Sindangsari No.12–Cipadung Kulon- Cibiru Kota Bandung. Sebelum melaksanakan PPL, terlebih lampau melaksanakan Pembukaan PPL pada tanggal 18 Juli 2013, yang dihadiri oleh para praktikan, Dosen Pembimbing, Kepala Sekolah, guru-guru dan staf Tata Usaha.
Lembaga Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Cicendo yang lahir cukup panjang berpertama dari perjalananan Madrasah Ibtidaiyah (MI) swasta yang sudah menerima kepercayaan masyarakat dengan baik, Nama MIS ketika itu ialah MIS “Al-Fitroh” namun selang beberapa tahun kurang lebih 9 (sembilan) tahun dari tahun 1975 hingga dengan tahun 1984 sudah mengeluarkan alumnus berprestasi dan banyak diterima di Sekolah Sekolah Menengah Pertama Negeri, dalam perjalanannya mendapat kendala yang cukup berat dengan lahirnya kelompok yang ingin menghancurkan dan tidak bahagia dengan berdirinya Madrasah sehingga harus berhadapan dengan Pemda untuk di pending keberadaannya, alasannya ialah status kepemilikan tanah Milik PEMDA (sewa), bersamaan dengan itu Dinas terkait MI ialah DEPAG membidik MIS Al-Fitroh dinominasikan untuk menjadi MIN sehubungan dengan prestasi dan isu terkini masyarakat yang cukup baik, dimana ketika itu jarang Madrasah yang jumlah siswanya banyak, selain itu belum ada MIN di Kotamadya Bandung, karenanya DEPAG menetapkan MIS Al-Fitroh menjadi MIN satu-satunya di Kotamadya Bandung, maka pada tahun 1993 terbit Surat Keputusan Menteri Agama Nomor 137 tanggal 13 Juli 1993 wacana perubahan status MIS Al-Fitroh menjadi MIN Cicendo.
Sesudah lahir SK Menteri Agama tersebut perjalanannya tidak Mulus, alasannya ialah lakosi Madrasah Al-Fitroh tersebut digantungkan oleh oknum pengurus masyarakat setempat yang tidak bertanggungjawaban sehingga harus berpindah tempat, maka terjadilah pindah tempat, tepatnya di MIS Nurul Huda Jl.Supadio Jatayu masih dalam areal satu kecamatan Cicendo, setelah kurang lebih 3 (tiga) tahun berjalan di MIS Nurul Huda dengan masukana pramasukana yang serba kurang memungkinkan, maka perjalanan MIN Cicendo harus mengalami pasang surut, namun dengan upaya Kandepag yang terbaik maka pada tahun 1996 dibangun gedung gres 3 (tiga) RKB dan 1 (satu) ruang kantor, dengan lokasi yang tidak sama tepatnya di Kelurahan Cipadung Kulon Kecamatan Cibiru Kotamadya Bandung daerah Bandung Timur. Sejak tahun itulah perjalanan MIN Cicendo mengalami keajegan dalam lokasi pendiriannya sekalipun tempatnya tidak sesuai dengan nama aslinya. Cicendo berada di Cibiru sampai sekarang. Perkembangan dan prestasi setiap tahun mengalami perkembangan yang cukup signifikan bermula dari jumlah siswa 27 siswa kini sudah berjumlah 435 siswa (12 Juli 2010) dengan gedung madrasah yang baik dan permguan.
BAB II
KONDISI OBJEKTIF SEKOLAH/MADRASAH
A. Kondisi Umum
1. Gedung sekolah dan fasillitasnya
Lembaga Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Cicendo yang lahir cukup panjang berpertama dari perjalananan Madrasah Ibtidaiyah (MI) swasta yang sudah menerima kepercayaan masyarakat dengan baik, Nama MIS ketika itu ialah MIS “Al-Fitroh” namun selang beberapa tahun kurang lebih 9 (sembilan) tahun dari tahun 1975 hingga dengan tahun 1984 sudah mengeluarkan alumnus berprestasi dan banyak diterima di Sekolah Sekolah Menengah Pertama Negeri, dalam perjalanannya mendapat kendala yang cukup berat dengan lahirnya kelompok yang ingin menghancurkan dan tidak bahagia dengan berdirinya Madrasah sehingga harus berhadapan dengan Pemda untuk di pending keberadaannya, alasannya ialah status kepemilikan tanah Milik PEMDA (sewa), bersamaan dengan itu Dinas terkait MI ialah DEPAG membidik MIS Al-Fitroh dinominasikan untuk menjadi MIN sehubungan dengan prestasi dan isu terkini masyarakat yang cukup baik, dimana ketika itu jarang Madrasah yang jumlah siswanya banyak, selain itu belum ada MIN di Kotamadya Bandung, karenanya DEPAG menetapkan MIS Al-Fitroh menjadi MIN satu-satunya di Kotamadya Bandung, maka pada tahun 1993 terbit Surat Keputusan Menteri Agama Nomor 137 tanggal 13 Juli 1993 wacana perubahan status MIS Al-Fitroh menjadi MIN Cicendo.
Sesudah lahir SK Menteri Agama tersebut perjalanannya tidak Mulus, alasannya ialah lakosi Madrasah Al-Fitroh tersebut digantungkan oleh oknum pengurus masyarakat setempat yang tidak bertanggungjawaban sehingga harus berpindah tempat, maka terjadilah pindah tempat, tepatnya di MIS Nurul Huda Jl.Supadio Jatayu masih dalam areal satu kecamatan Cicendo, setelah kurang lebih 3 (tiga) tahun berjalan di MIS Nurul Huda dengan masukana pramasukana yang serba kurang memungkinkan, maka perjalanan MIN Cicendo harus mengalami pasang surut, namun dengan upaya Kandepag yang terbaik maka pada tahun 1996 dibangun gedung gres 3 (tiga) RKB dan 1 (satu) ruang kantor, dengan lokasi yang tidak sama tepatnya di Kelurahan Cipadung Kulon Kecamatan Cibiru Kotamadya Bandung daerah Bandung Timur. Sejak tahun itulah perjalanan MIN Cicendo mengalami keajegan dalam lokasi pendiriannya sekalipun tempatnya tidak sesuai dengan nama aslinya. Cicendo berada di Cibiru sampai sekarang. Perkembangan dan prestasi setiap tahun mengalami perkembangan yang cukup signifikan bermula dari jumlah siswa 27 siswa kini sudah berjumlah 435 siswa (12 Juli 2010) dengan gedung madrasah yang baik dan permguan.
1. Nama Madrasah : MI Negeri Cicendo
2. Alamat Madrasah
a. Jalan : Sindang Sari No.12
b. Kelurahan : Cipadung Kulon
c. Kecamatan : Panyileukan
d. Kota : Bandung
e. Propinsi : Jawa Barat
f. Nomor Telpon : (022) 7080 8440
3. Nama Yayasan : ---
4. Status Sekolah : Negeri
5. Tahun Akreditasi : 2010 Terakreditasi “A”
6. NSM : 111.1.32.73.001
7. Tahun Berdiri : 1995
8. Nama Kepala Sekolah : Drs. H Ade Sukmana M.M.Pd
Fasilitas Sekolah
NO | JENIS RUANGAN | JUMLAH RUANG | KONDISI |
1. | Ruang Kelas | 9 | Baik |
2. | Ruang Kepala Madrasah | 1 | Baik |
3. | Ruang Guru | 1 | Baik |
4. | Ruang Tata Usaha | 1 | Baik |
5. | Ruang Perpustakaan | 1 | Kurang Memadai |
6. | Ruang Lab Komputer | 1 | Kurang Memadai |
7. | Ruang UKS | 1 | Kurang Memadai |
8 | Ruang Kesenian | 1 | Kurang Memadai |
9 | Ruang Laboratorium | 0 | Kurang Memadai |
10 | Mushola | 1 | Baik |
11 | Ruang Lain-lain | 1 | Kurang Memadai |
2. Struktur Guru dan Pegawai Sekolah
KEPALA MIN I | |||||||||||||||||||||
Drs H.ADE SUKMANA | |||||||||||||||||||||
M.MPd | |||||||||||||||||||||
![]() | |||||||||||||||||||||
MAJLIS MADRASAH | |||||||||||||||||||||
![]() | |||||||||||||||||||||
WAKAMAD | | WAKAMAD | |||||||||||||||||||
Hj NANI R, M.Ag | | SOLEHUDIN M.Ag | |||||||||||||||||||
T U | BENDAHARA | ||||||||||||||||||||
ULE JULAEHA, S.Pd.I | Dra.IKA HELAWATI | ||||||||||||||||||||
EVI PRIMAWATI | | ||||||||||||||||||||
GHARIZA SWASTI R | |||||||||||||||||||||
GR KLS I A | GR KLS I B | GR KLS I C | GR KLS II A | GR KLS II B | |||||||||||||||||
IMAS H | RIMA K F | MASTUROH | Hj.NANI R | SITI SOLIHAH | |||||||||||||||||
S.Pd.I | S.Si | ![]() | M.Ag | S.Pd.I | |||||||||||||||||
GR KLS II C | GR KLS III A | GR KLS III B | GR KLS IV A | GR KLS IV B | |||||||||||||||||
SITI N | | ANDI ELLY H | PATONAH | ONIS AISYAH | SITI HANIAH | ||||||||||||||||
S.Pd.I | | S.Pd.I | ![]() | S.Pd.I | A.Ma | ||||||||||||||||
GR KLS V A | | GR KLS V B | | GR KLS VI A | GR KLS VI B | GR PJOK | |||||||||||||||
EUIS N | IIS SITI N | NANANG AA | SOLEHUDIN | Drs.SUTONO | |||||||||||||||||
S.Pd.I | S.Ag | ![]() | M.Ag | M.Pd | |||||||||||||||||
GURU B STUDI | GURU B.STUDI | GR B.Inggris | GR B.STUDI | GR PJOK | |||||||||||||||||
Dra.IKA HELAWATI | SUSTIRAHAYU | ISNAINI | AAN NURLINA | YANYAN | |||||||||||||||||
S.Ag | ![]() | A.Md | S.Pd | ||||||||||||||||||
GURU B.STUDI | GR B.STUDI | GR B.STUDI | |||||||||||||||||||
RIZA S | ONENG | RIRI RM | |||||||||||||||||||
S.Psi | ![]() | A.Ma | |||||||||||||||||||
S I S W A | |||||||||||||||||||||
| | Garis Koordinasi | |||||||||||||||||||
| Garis Perintah | ||||||||||||||||||||
Pegawai Sekolah
NO | NAMA | AGAMA | PANGKAT | NAMA JABATAN | |||
NIP LAMA | NIP BARU | GOL. | TMT | ||||
RUANG | |||||||
1 | 2 | 2 | 3 | | 3 | 4 | 4 |
1 | Drs.H. Ade Sukmana, M.MPd | Islam | 150250618 | 19650619 199203 1 001 | (IV/a) | Oct-02 | Kepala MIN Cicendo |
2 | Hj. Nani Rohaeni, M.Ag | Islam | 150274803 | 19690111 199503 2 002 | (IV/a) | Apr-11 | Guru MIN Cicendo |
3 | Euis Nurhayati, S.Pd.I | Islam | 150272968 | 19681011 199403 2 001 | (IV/a) | Apr-11 | Guru MIN Cicendo |
4 | Solehudin, M.Ag | Islam | 150269907 | 19700227 199403 1 003 | (IV/a) | Apr-11 | Guru MIN Cicendo |
5 | A. Maryatin, S.Ag | Islam | 150181071 | 19520508 197711 2 001 | (IV/a) | Oct-11 | Guru MIN Cicendo |
6 | Dra. Ika Helawati | Islam | 150262813 | 19690219 199303 2 002 | (III/d) | Apr-07 | Guru MIN Cicendo |
7 | Onis Aisyah, S.Pd.I | Islam | 150274722 | 19710911 199503 2 001 | (III/d) | Apr-09 | Guru MIN Cicendo |
8 | Andi Elly Holifah, S.Pd.I | Islam | 150296013 | 19730315 199903 2 002 | (III/d) | Oct-11 | Guru pd MIN Cicendo |
9 | Ule Julaeha | Islam | 150222420 | 19630705 198503 2 001 | (III/c) | Apr-07 | Pengadm. Kesiswaan MIN Cicendo |
10 | Iis Siti Nurhasanah, S.Ag | Islam | 150288462 | 19760628 199803 2 002 | (III/c) | Apr-09 | Guru MIN Cicendo |
11 | Drs. Sutono, M.M.Pd | Islam | 150345660 | 196605152005011005 | (III/c) | Apr-11 | Guru MIN Cicendo |
12 | Hj. Kartini | Islam | 150197002 | 19560701 198003 2 001 | (III/b) | Apr-01 | Pengadm. TU pada MIN Cicendo |
13 | Siti Haniah, A.Ma | Islam | 150290464 | 19751225 199903 2 003 | (III/b) | Apr-10 | Guru MIN Cicendo |
14 | Evi Primawati | Islam | 150235264 | 196408191988032001 | (III/b) | Apr-07 | Pengadm. TU pada MIN Cicendo |
15 | Patonah | Islam | 150347168 | 19700111 200501 2 003 | (III/a) | Oct-09 | Guru MIN Cicendo |
16 | Nanang Ahmad A,S.Pd.I | Islam | 150374630 | 198006292005011003 | (III/a) | Oct-09 | Guru MIN Cicendo |
17 | Masturoh, S.Pd.I | Islam | 150344907 | 19840307 200501 2 00 1 | (III/a) | Apr-10 | Guru MIN Cicendo |
18 | Siti Solihah, S.Pd.I | Islam | 150344910 | 19830104 200501 2 007 | (III/a) | Apr-10 | Guru Kelas pada MIN Cicendo |
19 | Ani Fatimah Zahra Saifi | Islam | 150345397 | 19840810 200501 2 002 | (III/a) | Apr-09 | Pengadm. Pd. MIN Cicendo |
20 | Rima Karimatul Fuadah, A.Ma | Islam | 150345385 | 19791216 200501 2 007 | (II/d) | Oct-11 | Guru pada MIN Cicendo |
21 | Imas Hasanah, S.Pd.I | Islam | - | 197205122009012004 | (II/b) | Jan-09 | Guru MIN Cicendo |
22 | Siti Nursaidah, S.Pd.I | Islam | 150401286 | 197109102007012030 | (II/b) | | |
23 | Ghariza Swasti Rahadian | Islam | - | 198502232009102001 | (II/a) | | Pengadm. TU pada MIN Cicendo |
24 | Riri Rahmania M | Islam | | GT Honorer | | 2005 | GTT MIN Cicendo |
25 | Oneng S.Pd.I | Islam | | GT Honorer | | 2007 | GTT MIN Cicendo |
26 | Isnaini S.Pd | Islam | | GT Honorer | | 2007 | GTT MIN Cicendo |
27 | Riza Hastisusanti S.Psi | Islam | | GT Honorer | | 2007 | GTT MIN Cicendo |
28 | Yanyan Sofyan | Islam | | GT Honorer | | 2007 | GTT MIN Cicendo |
29 | Sustirahayu S.Pd.I | Islam | | GT Honorer | | 2008 | GTT MIN Cicendo |
30 | Aan Nurlina S.Pd. | Islam | | GT Honorer | | 2008 | GTT MIN Cicendo |
31 | Neni Nadiroti Muslihah | Islam | | GT Honorer | | 2009 | GTT MIN Cicendo |
32 | Abdul Somad S.Pdi | Islam | | GT Honorer | | 2009 | GTT MIN Cicendo |
33 | Endang Solihin | Islam | | Penjaga Madrasah | | 1995 | |
| | | | | | | |
3. Organisasi sekolah
3.1 OSIS
Organisasisiswa intra sekolah (OSIS) belumditerapkandalamsekolah MI/SD
3.2 Dewan/komite sekolah
Ada berbagaidefinisiataubatasanorganisasi.Salah satudefinisitersebutadalahsebagaidiberikut.Organisasiadalahkesatuan (entity) social yang dikoordinasikansecarasadar, dengansebuahbatasan yang relative dapatdiidentifikasi, yang bekerjaatasdasarketerkaitan yang relative terusmenerusuntukmencapaitujuanatausekelompoktujuan.Definisiinisangatcocokjikaditerapkanpadaorganisasikomitesekolah.
DAFTAR KOMITE SEKOLAH SETIAP KOMPLEK
KECAMATAN CIBIRU
NO | NAMA KOMPLEK | NAMA KOMITE |
1 | Komplek SDN Hanura I | Beni Sudiarto |
2 | Komplek SDN Cilengkrang I, II, III | H. Sutisna Miharja |
3 | Komplek SDN Sukapura I, II | Ir. Rachmat, M.Sc |
4 | Komplek SDN Tarka I, IV | Dedi Adjid |
5 | Komplek SDN Tarka II, III, V | Asep M.S |
6 | Komplek SDN Cipadung I, II | U. Suryana |
7 | Komplek SDN Cipadung III, IV | Husen Bisri |
8 | Komplek SDN Pelita I, II | Dr. H. Dadang Supardan |
9 | Komplek SDN Sukarela I, II | H. Sulaeman |
10 | Komplek SDN Sukarela III, IV | Drs. A. Syarifudin |
11 | SD Muhammadiyah | |
12 | MIN Cicendo | Nandang Hidayat |
13 | MI Nurul Huda | |
14 | MI Al-Misbah | |
15 | Komplek SDN Cibiru III, IV | Drs. Sururi, SH |
16 | Komplek SDN Cibiru I, V, VII | E. Rohaedi. S |
17 | Komplek SDN Cikudayasa | Eman Sulaeman |
18 | Komplek SDN Panyileukan I, II | Drs. Wita Sutrisna, M.Pd |
19 | Komplek SDN Panyileukan III | Dodo. D. Domik |
20 | Komplek SDN Cigagak I, II | Edi Djunaedi |
Komite Sekolah Se-Kecamatan CibiruTahun 2005-2006
NO | NAMA | ALAMAT SEKOLAH | ALAMAT RUMAH |
1 | Nandang Hidayat | MIN Cicendo | Ujung Berung Tlp. 7806105 |
2 | Beni Sudiarto | SD Hanura (Jl. Cilengkrang I Gigupakan 0 /09 Cisurupan | Idem |
3 | U. Suryana | Cipadung I/II Cipadung | Cipadung RT 01/06 |
4 | Asep M.S | SDN Tarka II, III, V | Vijaya Kusumah Hp. 0852 206 68091 |
5 | Husen Bisri | SDN Cipadung III/IV | Cipadung RT 05/12 SDN Cipadung III/IV |
6 | Dedi Adjid | Jl. SDN Tarka I/IV | Jl. Cilengkrang II |
7 | Dr. H. Dadang Supardan | Jl. Desa Cipadung SD Pelita I/II | Jl. Manisi Cibiru |
8 | E. Rohaedi. S | SD Cibiru I, V, VII | Permata Biru Blok X No.20 RT 02/23 Tlp. 70783337 |
9 | Ir. Rachmat, M.Sc | SD Sukapura I, II | Jl. Manglayang I |
10 | Drs. Sururi, SH | Cibiru III, IV | Jl. Gudang Sikat |
11 | Eman Sulaeman | SD Cikudayasa I, III | Kp. Cikuda |
12 | Drs. A. Syarifudin | SD Sukarela III, IV | Jl. Panyawangan No.7 |
13 | H. Sulaeman | SD Sukarela I, II | Jl. Mekarmulya No.40 |
14 | H. Sutisna Miharja | SDN Cilengkrang I, II, III | Jl. Cilengkrang I No. 134 |
15 | Nano Daryono, S.Ag | SDT Krida Nusantara | Jl. Cipadung |
16 | Didi Supriadi | Cikudayasa I | Jl. Cipadung |
17 | Dr. Dadang Supardan, M.Pd | SDN Pelita I, II | Jati |
18 | Drs. Husen. B | SDN cipadung 04/03 | |
19 | Dodo D. Domik | SDN Panyileukan III | |
20 | Drs. Wita Sutrisno, M.Pd | SDN Panyileukan I, II | |
21 | Edi Djuardi | SDN Cigagak I, II | |
4. Kegiatan ekstra kurikuler sekolah
Pengembangan diri bukan ialah mata pelajaran yang harus diasuh oleh guru. Pengembangan diri bertujuan mempersembahkan peluang kepada peserta didik untuk menyebarkan dan mengekspresikan diri dengan kebutuhan, bakat, minat, setiap peserta didik sesuai dengan kondisi sekolah. Kegiatan pengembangan diri difasilitasi dan/atau dibimbing oleh konselor, guru, atau tenaga kependidikan yang sanggup dilakukan dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan pengembangan diri dilakukan melalui kegiatan pelayanan konseling yang berkenaan dengan dilema diri pribadi dan kehidupan sosial, belajar, dan pengembangan karier peserta didik. Pengembangan diri untuk satuan pendidikan khusus menekankan pada peningkatan kecakapan hidup dan kemandirian sesuai dengan kebutuhan khusus peserta didik.
Meliputi Kegiatan :
1. Pramuka
2. Kesenian Derah Seni Gamelan
3. Pembiasaan Sholat Dhuha Berjamaah
4. Pidato Keagamaan (Da’i Cilik)
5. Putsal
6. Karate
7. Marching Band
8. Komputer
5. Rapat sekolah
Macam-macamrapat yang ada di MIN Cicendomeliputi:
a) RapatGabunganPenyusunan Program
b) RapatPembagianTugas
c) RapatDewan Guru
d) Sosialisasi dengan orang tua
Rapat sosialisasi dengan orang bau tanah ialah rapat yang biasanya dilaksanakan setahun sekali pada pertama tahun anutan gres dimana sekolah mengundang pihak orang bau tanah siswa untuk bersilaturrahmi dan mengulas atau mensosialisaiskan beberapa hal :
a. Program pembelajaransatutahun
b. Pembiayaanpendidikan
c. Hal-halterkenaperaturan
d. Hal-halterkenadukunga orang tuapadasekolah.
1) Rapat selesai tahun / kenaikan kelas
a). RapatAkhirTahun
Rapatakhirtahunadalahrapat yang dilaksanakanpadasetiapakhirtahunajaran.Adapunmateri yang dibahaspadarapatiniadalah :
a. Evaluasikegiatanbelajarmengajar yang sudahberlangsungselamasatutahun.
b. Hal-hal yang berkaitandenganadministrasisekolah, misalnyasumbanganPembangunan Pendidikan (SPP).
c. Kelulusansiswa
b). RapatKenaikanKelas
Rapatkenaikankelasadalahrapat yang dilakukanpadaakhir semester genap yang dilakukanolehkepalasekolahdenganwalikelas.Adapunmateri yang di bahaspadamateriiniadalah:
a. Kenaikankelas
b. Hal-hal yang berkaitandengansiswa
2) Ulangan umum dan ujian tengah semester
Rapatmenjelangulanganumumdanujiantengah semester adalahrapat yang dilaksanakanpadasetiapmenjelangulanganumumdanujiantengah semester.Adapunmateri yang dibahaspadarapatiniadalah :
a. Penentuanwaktupelaksanaanulanganumumdanujiantengah semester
b. Hal-hal yang berkaitandengansiswa
3) Ujian selesai nasional
Rapatmenjelangujianakhirnasionaladalahrapat yang dilaksanakanpadasetiapmenjelangujianakhirnasional.Adapunmateri yang dibahaspadarapatiniadalah:
a. Persiapanpelaksanaan UAN
b. Hal-hal yang berkaitandengansiswa
4) Pembiayaan ujian
Rapatpembiayaanujianadalahrapat yang dilaksanakanpadasetiapmenjelangujianbaikituujiantengah semester, ujian semester, sampaidenganujianakhirnasional.Adapunmateri yang dibahaspadarapatiniadalah persiapanpelaksanaanujiankhususnyadarisegipembiayaankegiatanujian.
5) Sosialisasi dengan orang tua
Rapatsosialisasidengan orang tuaadalahrapat yang biasanyadilaksanakansetahunsekalipadapertamatahunajaranbarudimanasekolahmengundangpihak orang tuasiswauntukbersilaturrahmidanmengulasataumensosialisaiskanbeberapahal :
a. Program pembelajaransatutahun
b. Pembiayaanpendidikan
c. Hal-halterkenaperaturan
d. Hal-halterkenadukungan orang tuapadasekolah.
b. Pembiayaanpendidikan
c. Hal-halterkenaperaturan
d. Hal-halterkenadukungan orang tuapadasekolah.
6) Kelulusan
Rapat kelulusan ialah rapat yang diadakan setahun sekali untuk mempersiapkan standar kelulusan belum dewasa pada ujian selesai sekolah.
7) RapatAwalTahun
Rapatakhirtahunadalahrapat yang dilaksanakanpadasetiaptahunajaranbaru.Adapunmateripadapembahasanrapatiniadalah:
a. Hal-hal yang berkaitandenganpenerimaansiswabaru
b. Hal-hal yang berkaitandenganadministrasisiswabaru
c. Hal-hal yang terkenpertamaikelas
Pimpinanrapatinibiasanyaolehkepalasekolah.Rapatinidihadiriolehseluruhanggotayaitu guru-guru, bagiankurikulumtermasukbagiantatausaha, dan orang tuasiswa.
8) Evaluasi guru
Rapat ini ialah rapat yang diselenggarakan untuk mengevaluasi proses berguru mengajar baik itu dari segi guru atau siswa. biasanya mengulas :
a. Perkembangan pembelajaran
b. Kesusahan-kesusahan
c. Solusi-solusi permasalahan.
6. Sistem kesejahteraan sekolah
a) Pengelolaan Keuangan (Kesejahteraan Madrasah)
Untuk pengelolaan sendiri di MI Negeri Kota Bandung hamper tiruana keuagan itu berasal dari dana menolongan pemerintah (baik pemerintahan Pusat ataupun Daerah). Diantaranya:
Ø Gaji Guru honorer bergantung ke dana pertolongan Operasional Sekolah (BOS)
Ø Sekolah tidak menyediakan beasiswa tetapi ada menolongan dari sekolah untuk siswa yang kurang mampu
Ø Sekolah tidak mengambil biaya manajemen registrasi siswa baru
Ø Untuk bangunan ialah milik pemerintah.
b) Pengelolaan Ketatausahaan
Pengelolaan ketatausahaan berkaitan dengan pencatatan, pengumpulan, dan penyimpanan data atau dokumen-dokumen penting yang ada di sekolah/madrasah. Dalam bidang ketatausahaan di Madrasah Ibtidaiyah ini menyangkut
Ø Kesiswaan dan buku induk yang menyimpan data dan dokumen untuk memmenolong laporan terkena masuk dan keluarnya siswa.
Ø Surat menyurat
c) Pengelolaan kekerabatan sekolah dan masyarakat
Hubungan Madrasah dengan masyarakat masyarakat sangat terjalin dengan baik. Karena madarasah ini berada di lingkungan masyarakat, sehingga madrasah ini mendapatkan proteksi penuh dari masyarakat.
melaluiataubersamaini terjadinya kekerabatan yang baik, maka para orang tua/wali siswa dari kelas I-VI pun membentuk sebuah ikatan atau kelompok yang selalu berkomunikasi (merundingkan) dengan staff pengelola madrasah jikalau akan mengadakan suatu kegiatan demi berlangsungnya kelancaran suatu kegiatan.
Sehingga ketika ada kegiatan di madrasah selalu mendapatkan proteksi penuh dari masyarakat, baik mulai ada bakti social ataupun festival yang berkaitan dengan kesosialan.
7. Lain-lain
Perpustakaan
Perpustakaan yang ada di MI Negeri 1 Kota Bandung dibuka tahun pelajaran 2006/2007 dengan pengelolaan ialah ibu Riri Rahmania, M.a.Ma. di bawah pengawasan kepala madrasah yaitu Drs. H. Ade Sukmana, M.M.Pd
Jumlah buku yang ada di perpustakaan MI Negeri 1 Kota Bandung ini ialah sebanyak 2000 item yang terdiri dari buku fiksi dan buku non fiksi. Buku perpustakaan MI Negeri 1 Kot Bandung mempunyai 2 ruangan, yaitu ruangan ke-1 yang berdampingan dengan Lab. Komputer dan ruangan Guru, kemudian ruangan ke-2 berada di lantai 2 tepatnya berada di ruang kelas yang disimpan di rak buku. melaluiataubersamaini status kepemilikan ialah milik sekolah sendiri.
Sumber buku yang ada di perpustakaan MIN 1 berasal dari BOS (pertolongan Operasional Sekolah) dan dari Depag. Terakhir mendapatkan menolongan buku pada tahun 2004. Mengenai manajemen manajemen perpustakaan belum berjalan terbaik alasannya ialah keterbatasan personil dan keterbatasan dana dalam pengefektifan perpustakaan. Hal tersebut terlihat dari belum adanya kartu perpustakaan jka siswa ingin meminjam buku maka siswa harus mengisi buku peminjaman terlebih lampau sebagai data administrasi.
Dalam peminjaman buku Paket mata pelajaran spesialuntuk dipinjamkan ketika pembelajaran berlangsung dan dihentikan dibawa pulang ke rumah. Kecuali ada izin wali kelas dan koordinasi pengelola perpustakaan. Keefektifan penerapan perpustakaan masi krang hal tersebut terlihat dari frekuensi data kunjungan siswa yang masi kurang / jarang.
Laboratorium
Laboraturium yang tersedia di MI Negeri 1 Kota Bandung ini spesialuntuk lab. Komputer saja. Dimana lab tersebut spesialuntuk aktif dalam beberapa tahun terakhir saja, yakni hingga tahun 2009 dengan di bawah binaan Bapak Soleh. Pada tahun 2010 lab.komputer ini mulai tidak aktif lagi, dikarenakan tidak adanya staff pengajar yang ahli.
Pembelajaran komputer ini termasuk dalam mata pelajaran ekstra kulikuler, dengan waktu pelaksanaannya di luar jam pelajaran biasa.
UKS
UKS yang ada di MI Negeri 1 Kota Bandung tidak dikelola oleh orang khusus, alasannya ialah tidak adanya staff ahli. Sehingga pengelolaan diserahkan pada guru piket saja, ruang UKS berdampingan dengan ruang guru.
B. Kondisi Khusus Pembelajaran
PadasaatkegiatanPraktikPengalamanLapangan (PPL) di MIN Cicendo Kota Bandung berlangsung, penyusunpernahmengajar di:
Ø Kelas 1 Mata pelajaranMatematika.
Ø Kelas 3 Mata PelajaranBahasa Indonesia
Ø Kelas 5 Mata Pelajaran IPS
Ø Kelas 6 Mata PelajaranFiqih
Ø Kelas 4 Mata PelajaranBahasa Indonesia
Ø Kelas 4 Mata Pelajaran Alquran Hadis
Metode yang digunakanolehpenyusundiantaranya: MetodeDemonstrasi, Metode Tanya jawaban, MetodePenugasan, MetodeCeramah.
BAB III
TEMUAN DAN PEMBAHASAN
A. Temuan
Berdasarkan hasil observasi yang sudah penyusun lakukan sebelum dan ketika kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) berlangsung penyusun memperhatikan beberapa hal yang menjadi perhatian penyusun dalam melaksanakan penelitian. Adapaun hal-hal yang menjadi perhatian penyusun dalam menyusun laporan ini adalah:
1. Kondisi Sekolah.
2. Pengelolaan fasilitas.
3. Kegiatan Ekstra kurikuler.
B. Pembahasan
Kondisi sekolah MIN Cicendo ini cukup baik, sekolah ini mempunyai lantai dua, mempunyai ruangan 10 ruangan kelas, Memiliki mushalla, sekolah belum mempunyai kemudahan yang cukup dikarenakan tempatnya terlalu sempit. Akan tetapi pihak sekolah tidak pernah mempermaslahkan hal itu dan tidak membuat sekolah menjadi patah semangat untuk menyebabkan sekolah ini menjadi sekolah kesukaan, dan pihak sekolah memang mengambarkan bahwa sekolah ini patut untuk diperhitungkan oleh pemerintah. Buktidarisekolahiniadalah, sekolahinimendapatakreditasi A.
Kegiatguakstrakurikuler yang ada di MIN Cicendodilaksanakanpadaharijumatdansabtu,.Kegiatguakstrakurikulermeliputi:
1. Pramuka
2. Kesenian Derah Seni Gamelan
3. Pembiasaan Sholat Dhuha Berjamaah
4. Pidato Keagamaan (Da’i Cilik)
5. Putsal
6. Karate
7. Marching Band
8. Komputer
BAB IV
PENUTUP
A. Kesimpulan
MeskipunSekolah MIN Cicendomemilikifasilitas yang kurang, akantetapisekolah MIN CicendodapatmembuktikandiribahwaSekolah MIN Cicendoadalahsekolah yang luarbiasa, meskipundihimpitolehfasilitasakantetapisekolahiniberhasilmendapatakreditasi yang sangatmenuaskanyaituakreditasi A.

PETA ALAMAT MIN 1 KOTA BANDUNG
![]() |
KegiatanPrestasi yang diraiholehSekolah MIN Cicendodiantaranya:
![]() | ![]() | ![]() |
Grup Angklung MIN 1 dalam Pembukaan Ramadhan Fiesta 2009 MK2MI Propinsi Jawa Barat | Grup Marching Band dalam Pembukaan PORSENI 2009 Tingkat Kota Bandung | Shilah dalam mengisi pembukaan Ramadhan Fiesta 2009 MK2MI Jawa Barat |
![]() | ![]() | ![]() |
Siswa MIN Dalam Melaksanakan Upacara Bendera Senin Pagi | 7 Piala yang sudah diraih Siswa MIN pada Porseni Kota Bandung 2009 | Guru dan Pembina Upacara pada Upacara Senin Pagi |
![]() | ![]() | ![]() |
Petugas Puskesmas sedang mempersembahkan pasta gigi pemmembersihkan pada kegiatan Sikat Gigi Massal | Para siswa dan Guru Pembimbing peraih prestasi Porseni 2009 | Kegiatan Sholat Dhuha setiap Jum’at pagi |
0 Response to "Contoh Laporan Ppl"
Posting Komentar