Contoh Rpp 2013
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Satuan Pendidikan : MIS Al Muslimin
Kelas/Semester : 1/I
Tema :Diriku
Subtema : Aku dan Teman Baru
Pertemuan : I
Alokasi Waktu : 175 Menit
A. 1. KI1
2. KI2
3. KI3 Matematika: Mengenal bilangan orisinil hingga 99 dengan memakai benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau daerah bermain
4. KI4 Melaksanakan tat tertib di rumah dan di sekolah
B. Kompetensi Dasar
Matematika:
3.1 Menghitung banyak benda 1-5
PPKn:
4.1 Menjalankan peraturan pada permainan di sekolah
C. Tujuan Pembelajaran
1. Sesudah mengikuti permainan, siswa sanggup mengenal konsep bilangan 1-5 dengan tepat.
2. melaluiataubersamaini mengamati kawan, siswa bisa mengetahui hukum yang ada dalam permainan.
D. Materi Pembelajaran
Mengenal konsep Bilangan
E. Metode Pembelajaran
Pendekatan : Scientific
Metode : Demonstrasi, ceramah, tanya jawaban
F. Media
1. Potongan kertas bertulis angka 1-5 sebanyak 3 set atau lebih
G. Sumber Belajar
Buku Siswa Kelas I
H. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan | Deskripsi Kegiatan | Alokasi waktu |
Penlampauan | · Guru mempersembahkan salam kepada siswa. · Guru mengajak siswa untuk berdoa sesuai dengan agama masing-masing. · Melakukan komunikasi wacana kehadiran siswa. · Guru mengajak berdinamika dengan tepuk tangan secara kompak. · Guru bertanya balasan wacana mengapa harus mengucap salam. · Guru meminta warta dari siswa terkena acara piket yang dilaksanakan pada hari ini. · Guru menginformasikan wacana tujuan pembelajaran yang hendak dicapai. | 35 Menit |
Inti | 1. Guru memberikan bahwa mereka akan bermain sambil mengenal bilangan dan mengajak siswa untuk berhitung 1-5. 2. Guru mengenalkan konsep dan lambang bilangan 1-5 3. Guru menempelkan kertas bertuliskan angka 1-5 di beberapa bab kelas. Misalnya angka 1 di satu sudut kelas, angka 2 ditempel di papan tulis. 4. Satu siswa diminta untuk bangkit di bersahabat angka , dua siswa diminta bangkit di bersahabat angka 2 demikian seterusnya hingga di angka 5 dengan lima orang siswa. 5. Siswa diminta kembali ke daerah tiruanla. 6. Guru menghitung hingga angka 5 dan meminta siswa untuk menuju ke sudut-sudut angka tersebut. 7. Jumlah siswa di setiap sudut harus sesuai dengan angka yang tertera, misalnya, pada sudut dengan angka 1, spesialuntuk ada satu siswa di sana. Begitu juga angka yang lainnya. 8. Guru mengulang acara hingga siswa paham terkena banyak benda dan lambang bilangan 1-5 9. Guru melaksanakan refleksi acara dengan cara meminta siswa mengungkapkan perasaan dan pendapatnya. 10. Siswa latihan memasangkan lambang bilangan 1-5 dengan jumlah bilangan buku siswa. | 105 Menit |
Penutup | 1. Guru dan siswa membuat kesimpulan 2. Bertanya balasan wacana bahan yang belum dipahami 3. Guru melaksanakan evaluasi 4. Guru mengucapkan salam dan doa penutup. | 35 Menit |
I. Penilaian Hasil Pembelajaran
No | Kriteria | Terlihat (√) | Belum terlihat (√) |
1 | Siswa bisa mengikuti arahan guru | ..... | ....... |
2 | Siswa terlibat aktif dalam permainan | ...... | ....... |
3 | Mengikuti peraturan dalam permainan | ....... | ....... |
4 | Mengenal konsep dan lambang bilangan 1-5 | ....... | ....... |
Bekasi, 18 Juni 2014
Kelapa Sekolah Guru Kelas I
………………………. Syamsul Bahri
NIP. ……………………. NIM. 1210209101
0 Response to "Contoh Rpp 2013"
Posting Komentar