Rpp 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan pendidikan          :  SDIT PLUS AL MUHSININ
Kelas / semester              :  1 / 2
Tema / topik                      :  PENGALAMANKU
Sub Tema                            :  PENGALAMAN MASA KECIL
Petemuan ke                     :  1
Alokasi waktu                    :  175 menit

PEMETAAN INDIKATOR PEMBELAJARAN



A.      KOMPETENSI INTI

BAHASA INDONESIA
3.       Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya menurut rasa ingin tahu wacana dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
4.       Menyajikan pengetahuan faktualdalam bahasa yang  terang dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak diberiman dan berakhlak mulia



MATEMATIKA
3.       Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya menurut rasa ingin tahu wacana dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
4.       Menyajikan pengetahuan faktualdalam bahasa yang  terang dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak diberiman dan berakhlak mulia

3.    KOMPETENSI DASAR

BAHASA INDONESIA
3.1   Mengenal teks deskriptif wacana anggota badan dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta insiden siang dan malam dengan menolongan guru atau mitra dalam bahasa Indonesia ekspresi dan tulis yang sanggup diisi dengan kosakata bahasa kawasan untuk memmenolong pemahaman.
4.1   Mengamati dan menirukan teks deskriptif wacana anggota badan dan pancaindra,  wujud dan sifat benda, serta insiden siang dan malam secara berdikari dalam bahasa Indonesia ekspresi dan tulis yang sanggup diisi dengan kosakata

MATEMATIKA
3.4   Mengenal teks deskriptif wacana anggota badan dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta insiden siang dan malam dengan menolongan guru atau mitra dalam bahasa Indonesia ekspresi dan tulis yang sanggup diisi dengan kosakata bahasa kawasan untuk memmenolong pemahaman
4.1   Mengamati dan menirukan teks deskriptif wacana anggota badan dan pancaindra,  wujud dan sifat benda, serta insiden siang dan malam secara berdikari dalam bahasa Indonesia ekspresi dan tulis yang sanggup diisi dengan kosakata


4.    INDIKATOR PEMBELAJARAN
  • Sesudah membaca wacana, siswa mengidentifikasi acara yang berkaitan dengan cahaya dengan benar.
o   Sesudah membaca wacana, siswa sanggup membuat kalimat dari kata-kata yang didiberikan.
  • Sesudah mengamati gambar Pancasila, siswadapat membedakan simbol Pancasila dengan tepat.
  • Sesudah mengamati percakapan pada buku, siswa sanggup mendiskusikan wacana pengamalan sila pertama Pancasila dengan lancar.
  • Sesudah mengamati contoh, siswa sanggup menuntaskan duduk perkara penjumlahan dengan tepat.
  • Sesudah mengamati contoh, siswa sanggup memecahkan duduk perkara penjumlahan memakai cara hitungan maju dengan tepat.

5.         TUJUAN PEMBELAJARAN
  • Ssiswa sanggup mengidentifikasi acara yang berkaitan dengan cahaya dengan benar.
  • Siswa sanggup membuat kalimat dari kata-kata yang didiberikan.
  • Siswadapat membedakan simbol Pancasila dengan tepat.
  • Siswa sanggup mendiskusikan wacana pengamalan sila pertama Pancasila dengan lancar.
  • Siswa sanggup menuntaskan duduk perkara penjumlahan dengan tepat.
  • Siswa sanggup memecahkan duduk perkara penjumlahan memakai cara hitungan maju dengan tepat.

6.        

 











 
7.       MATERI PEMBELAJARAN
 















8.         PENDEKATAN, STRATEGI & METODE

Pendekatan              : Tematik Integratif
Strategi                       : Active and Fun Learning
Metode                      : Penugasan, Model, Ceramah.

9.         MEDIA DAN ALAT PEMBELAJARAN
o   Buku siswa
o   Tabel nilai tempat.

10.      KEGIATAN  PEMBELAJARAN

KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI
WAKTU
Penlampauan
1.       Mengajak tiruana siswa berdo’a (untuk mengpertamai acara pembelajaran)
2.       Melakukan komunikasi wacana kehadiran siswa
3.       Mendeskripsikan wacana rencana pembelajaran yang akan berlangsung.
4.       MenginformasikanTema yang akan dibelajarkanya itu perihal
PENGALAMANKU
5menit
Inti
Pertemuan ke 1
1.         Siswa membaca wacana di buku siswa secara bergantian.
2.         Siswa mengajukan pertanyaan seputar menonton pertunjukan tradisional.
3.         Sampaikan bahwa dalam pertunjukan wayang kulit terdapat percakapan yang ialah kalimat yang diucapkan.
4.         Bagi siswa kedalam beberapa kelompok untuk bermain merangkai kalimat.
5.         Perwakilan kelompok maju ke depan dan mengambil sebuah kata yang sudah disiapkan guru.
6.         Tiap siswa diminta menambahkan sebuah kata secara berantai hingga membentuk kalimat.
7.         Kelompok yang berhasil membuat sebuah kalimat lengkap mendapat poin.
8.         Demikian seterusnya hingga seluruh kata yang disiapkan habis.
9.         Siswa diminta untuk latihan menulis kalimat pada buku siswa.
10.      Selesai mengerjakan tes, siswa membaca percakapan di buku siswa dan memerankannya.
11.      Siswa diminta untuk berdiskusi terkena bentuk pengamalan sila pertama Pancasila dari percakapan yang sudah diperankan


Inti
Pertemuan ke 2
1.         1. Siswa mengulang dan mengingat kembali bahan penjumlahan dengan menghitung maju.
2.         2. Guru bertanya pada siswa, bagaimana jikalau menemukan soal penjumlahan dalam angka yang besar dan tidak ada alat menolong berhitung berupa benda?
3.         3. Guru menunjukkan tabel nilai tempat untuk membuktikan terkena penjumlahan bersusun ke bawah.
misal : 17 + 12 = 29
4.         Gunakan benda atau gambar biar siswa sanggup membayangkan bentuk konkret dari angka tersebut.
5.         Siswa diminta untuk memperhatikan penempatan angka ketika menjumlahkan. Puluhan dengan puluhan dan satuan dengan satuan.
6.         Minta siswa untuk latihan di buku siswa.


Penutup
1.       Peserta didik dan guru merefleksi proses pembelajaran dengan cara membuka peluang tanya jawaban. (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
2.       Guru menanyakan perasaan siswa ketika belajar.
3.       Melakukan evaluasi hasil belajar.

15 menit


11.     PENILAIAN
  1. Tes tertulis.
  2. Skoring:
• Setiap kalimat yang sempurna mendapat nilai 2.
• 1 soal mendapat 2 poin.
• Total skor yaitu 2 x 5 = 10.

NO
Nama Siswa
PEROLEHAN SKOR
MEMBUAT KALIMAT
PENJUMLAHAN
1
AHDAN NATSIR SURYA A


2
ANANTA RAFLI A


3
INTAN SAJIDA ZIDNI R


4
MUHAMMAD FADHIL F. I


5
NABILA ALIEF WAFIQ A


6
NAUFAL KHAIRULLOH


7
NAZMI PAUJIAH


8
RAHMAH ROPIPAH AHYANI


9
ROZAAN SHARIM RABBANI


10
SALSABILA YUSUF


11
MUHAMMAD FAZA



                                                                                                                                Bandung , 24   juni  2014
Mengetahui                                                                                            GURU
                           Kepala Sekolah,                                                                                    



                     IRFAN ROFIQ, H.R, S.Ud.                                                                       POPPY FAUZIAH


 



























































 



Related Posts

0 Response to "Rpp 2013"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel