Download Rkjm (Rencana Kerja Jangka Menengah) Sekolah Tahun Pelajaran 2017-2018 Hingga 2020-2021, Rkjm Terbaru
Download RKJM (Rencana Kerja Jangka Menengah) Sekolah Tahun Pelajaran 2017-2018 Sampai 2020-2021, RKJM Terbaru, - Sesudah mendapat pertimbangan dan Persetujuan dari Komite Sekolah. Maka Rencana Keja Jangka Menengah ini mulai diberlakukan pada Tahun Pelajaran 2017-2018 hingga dengan 2020-2021.
Download RKJM (Rencana Kerja Jangka Menengah) Sekolah Tahun Pelajaran 2017-2018 Sampai 2020-2021 |
Puji syukur dipanjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa alasannya atas rahmat-Nya serta atas pinjaman segenap komponen sekolah, komite sekolah dan masyarakat, kami Tim Pengembang Sekolah sudah menuntaskan penyusunan Rencana Kerja Menengah Sekolah
RKJM ini ialah planning kerja yang disusun menurut kekuatan dan kelemahan yang menurut fakta masa lalu, fakta kini, impian yang diinginkan serta tantangan kasatmata yang dihadapai. Melalui RKJM ini sekolah sudah melihat alur perjalanan kedepan dalam memwujudkan Visi, Misi dan Tujuan Sekolah. Dimana impian segenap sekolah dalam beberapa tahun ke depan akan memenuhi keinginan pemerintah dan masyarakat Kab.Kota ..... sebagai satu-satunya sekolah yang berhasil mememenuhi kreteria sebagai Sekolah Berstandar Nasional di Kab.Kota ......
Kami menyadari bahwa RKJM ini masih banyak terdapat belum sempurnanya yang selanjutnya kami sangat mengharapakan Koreksian dan masukan biar kami sanggup melaksanakan penilaian secara berkala. Penghargaan yang sebesar-besarnya kami sampaikan kepada tiruana pihak yang sudah ikut andil dalam penyusunan RKJM ini. Hal ini ialah bantuan dalam rangka memajukan pendidikan di Nama Sekolah ..... mengingat pendidikan ialah tanggung jawaban segenap komponen bangsa.
Semoga RKJM ini sanggup bermanfaa sesuai impian kita bersama.
RKJM ini ialah planning kerja yang disusun menurut kekuatan dan kelemahan yang menurut fakta masa lalu, fakta kini, impian yang diinginkan serta tantangan kasatmata yang dihadapai. Melalui RKJM ini sekolah sudah melihat alur perjalanan kedepan dalam memwujudkan Visi, Misi dan Tujuan Sekolah. Dimana impian segenap sekolah dalam beberapa tahun ke depan akan memenuhi keinginan pemerintah dan masyarakat Kab.Kota ..... sebagai satu-satunya sekolah yang berhasil mememenuhi kreteria sebagai Sekolah Berstandar Nasional di Kab.Kota ......
Semoga RKJM ini sanggup bermanfaa sesuai impian kita bersama.
Penuis,
DAFTAR ISI
BAB I
PENDAHULUAN
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Rencana Kerja Jangka Menengah Sekolah ialah sebuah proses perencanaan atas tiruana hal dengan baik dan teliti untuk mencapai tujuan pendidikan dalam jangka waktu 4 tahun. melaluiataubersamaini tujuan ini sekolah sanggup diadaptasi dengan kekhasan, kondisi dan potensi daerah, sosial budaya masyarakat, potensi sekolah dan kebutuhan akseptor didik. RKJM (Rencana Kerja Jangka Menengah) disusun sebagai pedoman kerja pengembangan sekolah, dan sebagai materi contoh untuk mengidentifikasi serta mengajukan sumber daya yang diperlukan.
Menghadapi kondisi tersebut Nama Sekolah ..... perlu mempersiapkan diri secara mantap dengan menyusun Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM ) bertujuan untuk tercapainya pelayanan pendidikan yang minimal terhadap siswa dan tercapainya pendidikan nasional secara umum.
B. LANDASAN HUKUM
Berikut ialah landasan aturan yang dijadikan contoh dalam penyusunan RKJM Nama Sekolah ..... :
- Undang-undang No. 20 tahun 2003; ihwal Sistem Pendidikan Nasional;
- Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No.19 Tahun 2005 ihwal Standar Nasional Pendidikan.
- Permendiknas No. 22, 23, dan 24 Tahun 2006 ihwal SI dan SKL
- Permendiknas No. 41 Tahun 2007 ihwal Standar Proses
- Permendiknas No. 16 Tahun 2007 ihwal Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru
- Permendiknas No. 13 Tahun 2007 ihwal Kualifikasi Kepala Sekolah
- Permendiknas No. 28 Tahun 2010 ihwal Tugas Guru sebagai Kepala Sekolah
- Permendiknas No. 24 Tahun 2007 ihwal Standar Sarana dan Pramasukana
- Permendiknas No. 19 Tahun 2007 ihwal Standar Pengelolaan
- Permendiknas No. 69 Tahun 2009 ihwal Standar Pembiayaan
- Permendiknas No. 20 Tahun 20007 ihwal Standar Penilaian
C. MAKSUD DAN TUJUAN
Nama Sekolah ..... RKJM dengan tujuan untuk:
- Menjamin biar perubahan / tujuan sekolah yang sudah diputuskan sanggup dicapai dengan tingkat kepastian yang tinggi dan resiko yang kecil.
- Mendukung koordinasi anatar personil sekolah.
- Menjamin terciptanya integrasi, sinkronisasi, dan sinergi baik antar personil sekolah, antar sekolah dan dinas pendidikan.
- Menjamin keterkaitan antara perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan.
- Mengoptimalkan partisipasi masyarakat sekolah dan masyarakat.
- Menjamin tercapainya penerapan sumber daya secara efisien, efektif, berkeadilan dan berkelanjutan.
Penyusunan RKJM ini disusun menurut data yang dikumpulkan yang kemudian dianalisis memakai metode analisis Swot. Analisis Swot dipakai untuk mengetahui kelemahan dan kekuatan yang ada pada sekolah baik pada masa sekarang dan impian sekolah ke depan menurut tantangan kasatmata yang dihadapi. Sehingga sanggup direkomnedasikan jalan keluar biar tujuan yang sudah diputuskan dicapai. Data yang dianalisis berasal dari data yang dikumpulkan melalui metode observasi dan metode tanya jawaban.
Metode observasi dipakai menurut fakta riil ketika ini baik melalui pengamatan eksklusif dan menurut data yang tersimpan pada bank data Nama Sekolah ...... Data tersebut sanggup berupa dokumen pengarsipan dan dokumen elektronik. Sedangkan yang lain yang dipakai dalam mengumpulkan data ialah metode tanya jawaban secara eksklusif terkait dengan fungsi kepala sekolah dalam mensupervisi guru. Metode tanya jawaban juga dipakai ketika rapat dengan komite sekolah dan rapat interen guru untuk mengetahui beberapa kelemahan dan kekuatan yang layak untuk mendapat jalan keluar sehingga tantangan kasatmata yang dihadapi sanggup diatasi menuju tercapainya tujuan yang sudah diputuskan.
E. KERANGKA PEMIKIRAN
Kerangka pemikiran dari Rencana Kerja Menengah Sekolah ialah mengacu pada tujuan dari pendidikan nasional sesuai dengan suara pasal 3 Undang-undang Sisdiknas Nomor 20 tahun 2003 yaitu “Pendidikan nasional berfungsi menyebarkan kemampuan dan membentuk tabiat serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi akseptor didik biar menjadi insan yang diberiman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, diberilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi masyarakat negara yang demokratis serta bertanggung jawaban” . Kemudian diatur lebih lanjut ke dalam Peraturan Pemerintah Nomor 19 Nomor 19 ihwal Standar Nasional Pendidikan yang memuat 8 Standar Nasional Pendidikan yaitu a. standar isi; b. standar proses; c. standar kompetensi lulusan; d. standar pendidik dan tenaga kependidikan; e. standar masukana dan pramasukana; f. standar pengelolaan; g. standar pembiayaan;dan h. standar penilaian pendidikan.
Berdasarkan tujuan pendidikan nasional yang dijabarkan ke dalam 8 standar pendidikan yang dikaitkan kodisi riil sekolah yang terdiri dari kekuatan dan kelemahan maka dilkukanlah perjuangan minimal untuk mencapai SNP (Standar Nasional Pendidikan) atau bahkan sanggup lebih yang selanjutnya sanggup mengacu kepada sistem manajemen sekolah mencakup beberapa aspek kurikulum yang mengadopsi manajemen sekolah dan kurikulum sekolah di negara maju. Hal tersebut terkait dengan posisi Nama Sekolah ..... yang dipersiapkan untuk menjadi Sekolah Bersatandar Internasional.
Sudah barang tentu banyak hal yang belum terpenuhi yang ialah suatu kodisi kasatmata ketika ini yang harus segera dipenuhi untuk mencapai standar minimal yaitu Standar Nasional Pendidikan (SNP). Dimana langkah selanjutnya menuju Standar Internasional. Maka dari itu sekolah wajib melaksanakan perencanaan secara rinci dan terstruktur menurut analisis dari fakta kelemahan dan kekuatan yang ada sehingga sanggup digambarkan kondisi tantangan kasatmata yang selanjutnya dijawaban dengan melaksanakan penyusunan dan pelaksanaan program-program strategis mulai dari ketika ini dan seterusnya untuk mempercepat tercapainya tujuan yang sudah ditentukan.
F. SISTEMATIKA PENULISAN
Rencana Kerja Menengah Sekolah ini disusun dengan sistematis dengan memakai kaedah penulisan standard ilmiah. Hal ini dilakukan karna hal tersebut sesuai dengan karakteristik ilmiah yang tidak sanggup dipisahkan dari rangkaian planning kerja ini. Oleh karna intinya setiap planning selalu berpijak dari suatu tekad untuk memperbaiki suatu keadaan ketika ini yang dianggap belum baik. Keadaan baik ialah suatu keadaan yang diharapkan. Sehingga perencanaan yang matang perlu dilaksanakan menurut prinsip pemecahan masalah.
Metode pemecahan problem yang dipertamai dengan ditemukannya problem sebagai jawaban terjadinya kesentidakboleh antara kondisi kasatmata dengan kondisi yang diharapkan. Selanjutnya dilakukan analisis problem yaitu dengan menemukan beberapa alternatif pemecahan yang mungkin dilaksanakan selanjutnya menentukan satu dari beberapa alternatif tersebut untuk dijadikan solusi dari problem tersbut untuk dipecahkan. Tindakan selanjutnya ialah implementasi dari alternatif pemecahan problem tersebut. Langkah diberikutnya ialah memastikan penerapannya berjalan baik untuk kemudian dievaluasi dalam rangka menentukan langkah diberikutnya menurut hasil yang dicapai pada tahapan atau siklus pertama tersebut.
Tahapan yang didasarkan metode ilmiah hendaknya ditulis dengan kaedah ilmiah pula dengan struktur penulisan yang standar pada penulisan ilmiah sehingga pada Rencana Kerja Menengah ini mengikuti kaedah penulisan ilmiah baik dalam format paragarap, huruf, kertas, margin dan srtuktur penomoran. Sistematika penulisan yang dipakai ialah memalsukan sistem penomeran Amerika. Menggunakan abjad Tahoma 12, kertas F4 2,2,2, 3. Spasi yang dipakai ialah 1,5 spasi.
BAB II
KONDISI UMUM
KONDISI UMUM
Pada tabel diberikut akan digambarkan kondisi ketika ini, kondisi yang diharapkan dan besarnya tantangan yang dihadapi untuk melaksanakannya.
Tabel. 1
BAB III
RENCANA STRATEGIS
RENCANA STRATEGIS
A. VISI
“....................................”.
B. MISI
- ...................................................................silahkan isi yang sesuai sesuai
- ...................................................................silahkan isi yang sesuai sesuai
- ...................................................................silahkan isi yang sesuai sesuai
- ...................................................................silahkan isi yang sesuai sesuai
- ...................................................................silahkan isi yang sesuai sesuai
C. TUJUAN SEKOLAH
Mengacu pada visi dan misi sekolah, serta tujuan umum pendidikan dasar, tujuan sekolah dalam menyebarkan pendidikan ini ialah sebagai diberikut ini.
- ...................................................................silahkan isi yang sesuai sesuai
- ...................................................................silahkan isi yang sesuai sesuai
- ...................................................................silahkan isi yang sesuai sesuai
- ...................................................................silahkan isi yang sesuai sesuai
- ...................................................................silahkan isi yang sesuai sesuai
Dalam rangka memenuhi tujuan pendidikan maka perlu dipilah samasukan yang tepat biar pencapaian tujuan tercapai efektif. Berikut Samasukan Sekolah :
- Memdiberikan training secara rutin kepada guru-guru sehingga sanggup melaksanakan program-program yang sudah dirancang serta sanggup melaksanakan pembelajaran dan bimbingan yang efektif, mantap dan sanggup mencapai tujuan yang diharapkan
- Menumbuhkan penghayatan terhadapa pemikiran agama yang dianut serta budaya bangsa sehingga menjadi sumber kearifan dalam bertindak
- Mengadakan suverpisi kepada guru-guru secara rutin dalam bentuk manajemen kelas maupun kegiatan pembelajaran
- Memdiberikan rasa tanggung jawaban kepada guru-guru dalam mengatur kelas maupun pengelolaan kelas
- Memdiberikan training kepada tiruana masyarakat sekolah untuk selalu disiplin dalam segala hal termasuk tata karma
- Mengadakan kerjasama yang serasi dan transparan di dalam pengelolaan sekolah terhadap komite, tokoh masyarakat, masyarakat Negara, dan pemerintah
- Mengadakan kerjasama yang baik dengan masyarakat dalam rangka peningkatan mutu pendidikan
Fungsi-fungsi yang berlaku dalam setiap samasukan ialah :
- Untuk melaksanakan training terhadap guru secara rutin diharapkan fungsi supervisi kepala sekolah yang dilaksanakan secara konsisten
- Untuk memastikan segenap komponen sekolah sudah melaksanakan penghayatan terhadap pemikiran agama maka melalui kegiatan keaagaman berupa aktivitas dan upacara agama secara rutin
- Untuk memastikan guru melaksanakan pembelajaran dengan memakai adminidtrasi
F. ANALISIS SWOT
Berdasarkan besarnya tantangan kasatmata pada tabel di atas maka diberikut di kemukakan analisis Swot untuk sanggup menggambarkan kesiapan sekolah dalam menghadapi tantangan kasatmata tersebut.
Tabel. 2
Tabel Analisis Swot
Tabel Analisis Swot
G. ALTERNATIF LANGKAH PEMECAHAN MASALAH
Berbgai berapa alternative pemecahan problem Nama Sekolah ..... adalah sebagai diberikut :
- Pengajuan proposal Bansos, DAK, DECON kepada instansi yang terkait sehubungan dengan peningkatan mutu masukana dan pramasukana sekolah
- Pengiriman petes kepada guru ihwal ICT
- Mengadakan petes Bahasa Inggris kepada seluruh staff dewan guru
H. MENYUSUN PROGRAM PENINGKATAN MUTU
1. Samasukan 1 Peningkatan Nilai UN
- Untuk meningkatkan nilai UN dilakukan melalui perjuangan melaksanakan bimbingan belajar,
- Melakukan tryout pada UN,
- Pemantapan maple yang di UASBN-kan
- Mengadakan training olimpiade MIPA
- Mengadakan training khusus siswa berprestasi
- Mengadakan training khusus Mata Pelajaran Bahasa Inggris
- Mengaktifkan kegiatan ekstrakurikule
Tabel 3
Tabel Jadwal Kegiatan
BAB IV
PENUTUP
PENUTUP
A. SIMPULAN
Delapan standard pendidikan wajib dilaksanakan di sekolah. Untuk efektifnya pelaksanaan delapan standard pendidikan di Nama Sekolah ..... maka diharapkan RKJM (Rencana Kerja Jangka Menengah) Tahun 2017 – 20120. RKJM bertujuan mempersembahkan arah pelaksanaan untuk terjaminnya mutu pendidikan di Nama Sekolah ...... Adapun lingkup RKJM terdiri atas :
- Maksud dan tujuan
- Kerangka penyusunan
- Sistematika penulisan
- Kondisi umum Nama Sekolah .....
- Rencana Strategis
- Visi/Misi
- Tujuan Sekolah
- Samasukan
- Identifikasi Fungsi-fungsi yang diperlukan
- Analisis Swot
- Alternatif pemecahan masalah
- Penyusunan aktivitas peningkatan mutu
- Jadwal kegiatan
- Kesimpulan dan masukan
RKJM (Rencana Kerja Jangka Menengah) disusun dalam waktu yang sangat singkat. Sudah niscaya isinya sangat jauh dari harapan. Untuk itu masukan dan Koreksi yang membangun sangat diharapkan guna sempurnanaya RKJM ini. Untuk pemangku kepentingan, dimasukankan mempersembahkan petes-petes dalam penyusunan RKJM.
Untuk mendapat fiel secara lengkat dan utuh, dan Bapak dan Ibu nya melaksanakan editing. Maka dari itu lebih baik untuk mendownloadnya. Karena yang kami tampilkan di atas spesialuntuklah penggalan-penggalan saja.
Selamat mendownload ria !!!
Demikianlah yang sanggup kami tulis untuk ketika ini.
Lain kali akan disambung kembali. Suksesnya sekolah Bapak Ibu. Amin
0 Response to "Download Rkjm (Rencana Kerja Jangka Menengah) Sekolah Tahun Pelajaran 2017-2018 Hingga 2020-2021, Rkjm Terbaru"
Posting Komentar