Paket Soal Latihan Dan Pembahasan Ujian Bahasa Indonesia Kelas Vi (6) Sd
PAKET SOAL LATIHAN DAN PEMBAHASAN UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL (USBN) BAHASA INDONESIA KELAS VI (6) SD - Apabila ada yang sedang mencari soal tes ujian untuk kelas VI / 6 SD khususnya mata pelajaran Bahasa Indonesia kami sharekan lengkap dengan pembahasannya.
PAKET SOAL LATIHAN DAN PEMBAHASAN UJIAN BAHASA INDONESIA KELAS VI (6) SD |
Bacalah teks diberikut untuk menjawaban soal nomor 1−3!
Bunglon, Binatang yang Bisa Berubah Warna
Baca Juga
- Download Kumpulan Soal Dan Kunci Balasan Uas Sd Kelas 5 Semester 1 Lengkap Semua Mata Pelajaran
- Download Rkjm (Rencana Kerja Jangka Menengah) Sekolah Tahun Pelajaran 2017-2018 Hingga 2020-2021, Rkjm Terbaru
- Silahkan Cek Atau Download Data Update Rekap Siswa Calon Penerima Ujian Kelas Vi (6) Tahun Pelajaran 2018/2019
Bunglon yakni salah satu hewan yang unik. Binatang ini biasanya tinggal di pepohonan. Ia unik alasannya sanggup mengubah warna kulitnya. Kemampuan ini disebut dengan mimikri. Bunglon bisa mengubah warna kulitnya sesuai dengan kondisi di sekitarnya. Kemampuan ini dipakai untuk melindungi diri dari musuh atau pemangsa.
Bunglon mempunyai kulit yang berlapis-lapis. Dalam lapisan teratas, terdapat pigmen warna yang bisa melebar dan mengecil. Ketika pigmen melebar, cahaya matahari akan dipantulkan sehingga bunglon pun berubah warna. Jika pigmen mengerut, bunglon akan menjadi kehitaman.
Download Soal Latihan UAS Kelas 6 SD
Terkadang, bunglon mengubah warnanya tidak sesuai dengan lingkungan sekitar. Hal ini alasannya bunglon juga terkadang mengubah warnanya sesuai kehendak hatinya. Saat marah, kecewa, atau perasaan negatif lainnya, bunglon akan mengubah warnanya menjadi lebih petang. Sedangkan ketika bangga atau positif, bunglon akan mengubah warnanya menjadi jelas menyerupai kuning dan oranye.
LEVEL KOGNITIF: PENGETAHUAN DAN PEMAHAMAN
Indikator: Peserta didik sanggup menggali informasi tersurat teks.
1. Bagaimana cara bunglon mengubah warna kulitnya?
A. melaluiataubersamaini menyesuaikan warna di tempatnya berada.
B. melaluiataubersamaini melebar atau mengecilkan pigmen di kulitnya.
C. melaluiataubersamaini cara yang disebut mimikri.
D. melaluiataubersamaini memantulkan sinar matahari.
LEVEL KOGNITIF: PENALARAN
Indikator: Peserta didik sanggup memprediksi insiden menurut isi teks.
2. Apa warna yang kira-kira akan dikeluarkan bunglon ketika ia kalah dari perkelahian?
A. Oranye
B. Merah
C. Kuning
D. Hitam
Indikator: Peserta didik sanggup melengkapi tabel dengan pokok-pokok pikiran menurut isi teks.
3. Berikut ini yakni tabel perubahan warna bunglon.
1. Melindungi diri Sesuai lingkungan
2. Perasaan negatif (a) ....
3. Perasaan positif (b) ....
Isian yang sempurna untuk melengkapi tabel tersebut yakni ....
A. (a) warna petang; (b) warna terang
B. (a) warna terang; (b) warna petang
C. (a) warna hitam; (b) warna kuning
D. (a) warna hijau; (b) warna cokelat
Indikator: Peserta didik sanggup memilih sinonim.
Kami persilahkan :
UNDUH SOAL LATIHAN DAN KUNCI JAWABAN US MATEMATIKA KELAS 6 SD / MI
4. Pada hari Minggu diadakan kerja bakti. Siswa kelas VI dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama memmembersihkankan kelas, sedangkan kelompok kedua memmembersihkankan halaman.
Persamaan kata bergaris bawah dalam kalimat tersebut yakni ....
A. kumpulan
B. regu
C. gugus
D. tim
LEVEL KOGNITIF: PENALARAN
Indikator: Peserta didik sanggup membandingkan isi teks.
5. Perhatikan dua teks diberikut!
Teks 1
Endah selalu saja memaki Hera. Padahal Hera tidak pernah berbuat jelek pada Endah. Entah mengapa Endah begitu membenci Hera. Hera selalu tabah bila Endah tiba-tiba menjahili atau mengejeknya. Suatu hari, Endah terjatuh ketika pulang sekolah. Hera yang melihat insiden itu eksklusif menolongnya.
Teks 2
Sofy yakni anak yang sangat baik di kelas. Ia selalu menolong orang lain, terutama yang sedang membutuhkan. Ia tidak pernah membeda-bedakan. Ia berkawan dengan siapa saja. Walaupun bukan anak yang paling berakal di kelas, Sofy sangat disukai oleh kawan-kawannya. Bahkan, guru-guru juga menyukainya.
Persamaan isi kedua teks tersebut yakni ....
A. menolong orang walaupun ia suka mengejek
B. disukai banyak orang alasannya suka menolong
C. berkawan dengan siapa saja tanpa membeda-bedakan
D. menolong siapa saja yang sedang membutuhkan
LEVEL KOGNITIF: APLIKASI
Indikator: Peserta didik sanggup memilih pernyataan sesuai isi teks.
6. Bacalah paragraf diberikut!
Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta mengadakan sosialisasi ke sekolah. Beliau mengatakan, sekolah harus mengedukasi siswanya biar tidak jajan sembarangan dan membuat kantin sehat di sekolah.
Pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf tersebut yang sempurna yakni ....
A. Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta seharusnya melaksanakan tindakan yang tegas pada yang melanggar.
B. Siswa yang jajan sembarangan seharusnya mendapat eksekusi dari sekolah.
C. Program kebijakan Kepala Dinas
D. Pembuatan kantin sehat di sekolah sebetulnya sangat merepotkan.
LEVEL KOGNITIF: PENGETAHUAN DAN PEMAHAMAN
Indikator: Peserta didik sanggup memilih makna kata.
Unduh :
Soal dan Kunci Jawaban UAS Bahasa Indonesia SD Kelas 6 Semester 17. Cermati paragraf diberikut!
Besok pagi ada pelajaran menggambar. Bu Intan mempersembahkan isyarat untuk membawa buku gambar berukuran A3, pensil HB, dan pewarna.
Makna kata bergaris bawah dalam paragraf tersebut yakni ....
A. perintah
B. pelajaran
C. petunjuk
D. peraturan
LEVEL KOGNITIF: APLIKASI
Indikator: Peserta didik sanggup memilih pernyataan sesuai isi teks.
8. Perhatikan teks diberikut!
M engolah kerang memerluk an beberapa langkah. Sesudah butir mutiara diambil dari dalam kerang, daging yang menempel pada bab dalam cangkang dimembuang, kemudian kerang dicuci, dan dikeringkan. Perajin juga ikut membuat rujukan model hiasan yang diinginkan. Pola ini berfungsi sebagai cetakan untuk menggambar denah pada cangkang kerang.
Pernyataan yang sesuai dengan teks di atas yakni ....
A. Mengolah kerang spesialuntuk membutuhkan dua langkah saja.
B. Daging dalam cangkang tidak perlu dimembuang untuk menghasilkan kerajinan.
C. Pembeli bisa ikut memilih rujukan model hiasan yang diinginkan.
D. Untuk menggambar denah pada cangkang diharapkan rujukan sebagai cetakan.
Silahkan Download di bawah ini.
Demikianlah info ihwal soal USBN Bahasa Indonesia dan Pembahasan Kelas 6 Sekolah Dasar.
Semoga bermanfaa.
0 Response to "Paket Soal Latihan Dan Pembahasan Ujian Bahasa Indonesia Kelas Vi (6) Sd"
Posting Komentar