Cara Menetukan/Menghitung Kkm Di Sd

Penilaian oleh Satuan Pendidikan
Penilaian hasil berguru yang dilakukan oleh satuan pendidikan dimaksudkan untuk menilai pencapaian kompetensi akseptor didik pada tiruana mata pelajaran. Penilaian tersebut mencakup penentuan KKM, penentuan kriteria kenaikan kelas, penentuan kriteria jadwal pembelajaran bagi satuan pendidikan yang menerapkan sistem paket dan sistem kredit semester, penyelenggaraan ujian sekolah, dan penentuan kelulusan.
Mata pelajaran yang diujikan ialah mata pelajaran yang tidak termasuk dalam mata pelajaran ujian nasional. Cakupan materinya diambil dari bahan kelas 4, 5, dan 6.

1. Waktu
Penentuan KKM diputuskan pada pertama tahun pelajaran melalui musyawarah antara guru, kepala sekolah, dan stake holder lainnya. Begitupula penentuan kriteria kenaikan kelas sebaiknya melalui musyawarah masyarakat sekolah dan stake holder.
Pelaksanaan ujian sekolah dilaksanakan pada selesai tahun pelajaran.

2. Teknik
Teknik pelaksanaan ujian sekolah sanggup didiberikan dalam bentuk tertulis dan praktik

3. Langkah-langkah memilih KKM
Menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dengan mempertimbangkan tingkat kemampuan rata-rata akseptor didik, kompleksitas kompetensi, serta kemampuan sumber daya pendukung mencakup masyarakat sekolah, masukana dan pramasukana dalam penyelenggaraan pembelajaran. Satuan pendidikan dibutuhkan meningkatkan kriteria ketuntasan berguru secara terus menerus untuk mencapai kriteria ketuntasan ideal.

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam memilih KKM ialah sebagai diberikut:
1.   Hitung jumlah Kompetensi Dasar (KD) setiap mata pelajaran setiap kelas!
2.   Tentukan kekuatan/nilai untuk setiap aspek/komponen, sesuaikan dengan kemampuan masing-masing aspek:
a.   Aspek Kompleksitas:
      Semakin komplek (sukar) KD maka nilainya semakin rendah tetapi semakin praktis KD maka nilainya semakin tinggi.
b.   Aspek Sumber Daya Pendukung
      Semakin tinggi sumber daya pendukung maka nilainya semakin tinggi.
c.   Aspek intake
      Semakin tinggi kemampuan pertama  siswa (intake) maka nilainya semakin tinggi.
3.   Jumlahkan nilai setiap komponen, selanjutnya dibagi 3 untuk memilih KKM setiap KD!
4.   Jumlahkan seluruh KKM KD, selanjutnya dibagi dengan jumlah KD untuk memilih KKM mata pelajaran!
5.   KKM setiap mata pelajaran pada setiap kelas tidak sama tergantung pada kompleksitas KD, daya dukung, dan potensi siswa.

Baca Juga


CONTOH
MATA PELAJARAN     : IPS
KELAS                          : IV
Jumlah KD 10
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
KOMPLEK-SITAS
SUMBER DAYA PENDUKUNG
INTA
KE
(PO-
TENSI
SIS-
WA)
KETUN-
TASAN KD
(%)
Pendidik*)
Sarana
Prasa-rana**)
40 -100
40-100
40-100
40-100
1.   Memahami sejarah, kenampakan alam, dan keragaman suku bangsa di lingkungan kabupaten/
      kota dan provinsi

      Membaca peta lingkungan setempat (kabupaten/kota, provinsi) dengan memakai skala sederhana

80
70
70
60
70
      Mendeskripsikan kenampakan alam di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi serta hubungannya dengan keragaman sosial  dan budaya
70
70
70
60
66
      Menunjukkan jenis dan persebaran sumber daya alam serta memanfaatkan-nya untuk kegiatan ekonomi di lingkungan setempat
60
70
70
60
63
      Menghargai keragaman suku bangsa dan budaya setempat (kabupaten/kota, provinsi)
70
80
70
70
72

      Menghargai aneka macam peninggalan sejarah di lingkungan setempat (kabupaten/kota, provinsi) dan menjaga kelestariannya
70
80
70
70
72
      Meneladani kepahlawanan dan patriotisme tokoh-tokoh di lingkungannya
60
80
70
60
67
2.   Mengenal sumber daya alam, kegiatan ekonomi, dan kemajuan teknologi di lingkungan kabupaten/
      kota dan  provinsi
2.1. Mengenal  pentingnya koperasi dalam meningkatkan Mengenal acara ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerahnya
80
80
70
70
75
2.2. Mengenal pentingnya koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat
80
80
70
70
75
2.3. Mengenal perkembang an teknologi produksi, komunikasi,  dan transportasi serta pengalaman menggunakanny
70
70
70
70
70
2.4. Mengenal permasalahan sosial di daerahnya
60
70
70
60
65
Jumlah
10 KD
           
695
KKM IPS Kelas IV
695 : 10 = 69,5
Keterangan
*)   Pendidik                : Evaluasi terhadap kemampuan diri sendiri
**) Sarana pramasukana : Alat Peraga, Media, Buku Teks, lingkungan
Rentang nilai antara 40 – 100, ialah nilai yang sanggup ditentukan oleh sekolah untuk memilih berapa besar kekuatan untuk masing-masing aspek/komponen.
Rentang Nilai:
80-100 : Tinggi
60-79   : Sedang
40-59  : Rendah

Related Posts

0 Response to "Cara Menetukan/Menghitung Kkm Di Sd"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel