Cara Menetukan/Menghitung Kkm Di Sd
Penilaian oleh Satuan Pendidikan
Penilaian hasil berguru yang dilakukan oleh satuan pendidikan dimaksudkan untuk menilai pencapaian kompetensi akseptor didik pada tiruana mata pelajaran. Penilaian tersebut mencakup penentuan KKM, penentuan kriteria kenaikan kelas, penentuan kriteria jadwal pembelajaran bagi satuan pendidikan yang menerapkan sistem paket dan sistem kredit semester, penyelenggaraan ujian sekolah, dan penentuan kelulusan.
Mata pelajaran yang diujikan ialah mata pelajaran yang tidak termasuk dalam mata pelajaran ujian nasional. Cakupan materinya diambil dari bahan kelas 4, 5, dan 6.
1. Waktu
Penentuan KKM diputuskan pada pertama tahun pelajaran melalui musyawarah antara guru, kepala sekolah, dan stake holder lainnya. Begitupula penentuan kriteria kenaikan kelas sebaiknya melalui musyawarah masyarakat sekolah dan stake holder.
Pelaksanaan ujian sekolah dilaksanakan pada selesai tahun pelajaran.
2. Teknik
Teknik pelaksanaan ujian sekolah sanggup didiberikan dalam bentuk tertulis dan praktik
3. Langkah-langkah memilih KKM
Menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dengan mempertimbangkan tingkat kemampuan rata-rata akseptor didik, kompleksitas kompetensi, serta kemampuan sumber daya pendukung mencakup masyarakat sekolah, masukana dan pramasukana dalam penyelenggaraan pembelajaran. Satuan pendidikan dibutuhkan meningkatkan kriteria ketuntasan berguru secara terus menerus untuk mencapai kriteria ketuntasan ideal.
Hal-hal yang harus diperhatikan dalam memilih KKM ialah sebagai diberikut:
1. Hitung jumlah Kompetensi Dasar (KD) setiap mata pelajaran setiap kelas!
2. Tentukan kekuatan/nilai untuk setiap aspek/komponen, sesuaikan dengan kemampuan masing-masing aspek:
a. Aspek Kompleksitas:
Semakin komplek (sukar) KD maka nilainya semakin rendah tetapi semakin praktis KD maka nilainya semakin tinggi.
b. Aspek Sumber Daya Pendukung
Semakin tinggi sumber daya pendukung maka nilainya semakin tinggi.
c. Aspek intake
Semakin tinggi kemampuan pertama siswa (intake) maka nilainya semakin tinggi.
3. Jumlahkan nilai setiap komponen, selanjutnya dibagi 3 untuk memilih KKM setiap KD!
4. Jumlahkan seluruh KKM KD, selanjutnya dibagi dengan jumlah KD untuk memilih KKM mata pelajaran!
5. KKM setiap mata pelajaran pada setiap kelas tidak sama tergantung pada kompleksitas KD, daya dukung, dan potensi siswa.
Baca Juga
CONTOH
MATA PELAJARAN : IPS
KELAS : IV
Jumlah KD 10
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR | KOMPLEK-SITAS | SUMBER DAYA PENDUKUNG | INTA KE (PO- TENSI SIS- WA) | KETUN- TASAN KD (%) | |
Pendidik*) | Sarana Prasa-rana**) | |||||
40 -100 | 40-100 | 40-100 | 40-100 | |||
1. Memahami sejarah, kenampakan alam, dan keragaman suku bangsa di lingkungan kabupaten/ kota dan provinsi | Membaca peta lingkungan setempat (kabupaten/kota, provinsi) dengan memakai skala sederhana | 80 | 70 | 70 | 60 | 70 |
Mendeskripsikan kenampakan alam di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi serta hubungannya dengan keragaman sosial dan budaya | 70 | 70 | 70 | 60 | 66 | |
Menunjukkan jenis dan persebaran sumber daya alam serta memanfaatkan-nya untuk kegiatan ekonomi di lingkungan setempat | 60 | 70 | 70 | 60 | 63 | |
Menghargai keragaman suku bangsa dan budaya setempat (kabupaten/kota, provinsi) | 70 | 80 | 70 | 70 | 72 | |
Menghargai aneka macam peninggalan sejarah di lingkungan setempat (kabupaten/kota, provinsi) dan menjaga kelestariannya | 70 | 80 | 70 | 70 | 72 | |
Meneladani kepahlawanan dan patriotisme tokoh-tokoh di lingkungannya | 60 | 80 | 70 | 60 | 67 | |
2. Mengenal sumber daya alam, kegiatan ekonomi, dan kemajuan teknologi di lingkungan kabupaten/ kota dan provinsi | 2.1. Mengenal pentingnya koperasi dalam meningkatkan Mengenal acara ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerahnya | 80 | 80 | 70 | 70 | 75 |
2.2. Mengenal pentingnya koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat | 80 | 80 | 70 | 70 | 75 | |
2.3. Mengenal perkembang an teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta pengalaman menggunakanny | 70 | 70 | 70 | 70 | 70 | |
2.4. Mengenal permasalahan sosial di daerahnya | 60 | 70 | 70 | 60 | 65 | |
Jumlah | 10 KD | 695 | ||||
KKM IPS Kelas IV | 695 : 10 = 69,5 |
Keterangan
*) Pendidik : Evaluasi terhadap kemampuan diri sendiri
**) Sarana pramasukana : Alat Peraga, Media, Buku Teks, lingkungan
Rentang nilai antara 40 – 100, ialah nilai yang sanggup ditentukan oleh sekolah untuk memilih berapa besar kekuatan untuk masing-masing aspek/komponen.
Rentang Nilai:
80-100 : Tinggi
60-79 : Sedang
40-59 : Rendah
0 Response to "Cara Menetukan/Menghitung Kkm Di Sd"
Posting Komentar